Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/11/2013, 11:06 WIB

KOMPAS.com – Meskipun para selebriti Hollywood sedang mencetak tren dengan gaya rambut pangkas pendek, atau dikenal dengan sebutan pixie hair, tetapi gaya rambut panjang selalu diminati. Mengapa demikian?

Pada dasarnya perempuan menyukai rambut panjang, karena lebih leluasa untuk ditata, lebih aman untuk bereksperimen dengan potongan rambut, dan saat bad hair day, penanggulangannya terbilang mudah, yakni tinggal dikuncir, dijepit atau dikepang. Berikut beberapa alasan yang menjelaskan kelebihan rambut panjang dibandingkan rambut pendek, seperti yang dikutip dari laman MagforWomen;

Mengubah gaya rambut? Tak masalah!

Rambut panjang lebih gampang dieksplorasi, mau gaya seperti apa pun dapat diaplikasikan dengan hasil akhir yang mengagumkan. Mulai dari kuncir kuda, sanggul kecil, sanggul ‘donat’ di atas kepala, gaya gelombang natural, dan masih banyak lagi. Tinggal disesuaikan dengan busana dan bentuk wajah Anda.

Warna cat rambut tampil maksimal pada rambut panjang

Pewarnaan rambut lebih memikat ketika diaplikasikan pada rambut yang panjang. Seperti misalnya, warna rambut ombre yang mengutamakan gradasi dari pangkal hingga ujung rambut, bakal lebih indah bila dipulas pada rambut panjang. Bahkan, penata rambut di salon terkemuka pun menyarankan, apabila Anda ingin mewarnai rambut, minimal panjang rambut sudah mencapai dada.

Karena, memulas cat rambut yang pendek, selain hasilnya tidak maksimal, zat kimia pada cat mengharuskan Anda untuk rajin melakukan trimming (memotong ujung rambut), hal seperti ini terbilang kurang masuk akal dan buang-buang uang.

Bebas berekspresi dan bereksperimen

Tanpa mengurangi panjang rambut, Anda dapat berekspresi membentuk rambut dengan gaya baru. Cukup untuk menghadirkan perubahan pada keseluruhan penampilan. Hal ini tentu saja tidak mungkin dilakukan jika rambut Anda pendek, atau medium.

Trik menebalkan rambut yang efektif

Rambut panjang dapat menyamarkan jenis rambut tipis, jadi terlihat lebih bervolume dan tebal. Karena, seperti yang diuraikan sebelumnya, bahwa rambut panjang mudah ditata dengan gaya apa pun.

Dapat digunakan sebagai ‘alat’ untuk menarik perhatian

Bagi pria, perempuan dengan gaya rambut panjang lebih menarik. Selain itu, kebiasaan perempuan memutar-mutar ujung rambutnya saat berbicara, terlihat menggemaskan! Bila perempuan kurang menyukai pria berantakan dengan rambut gondrong dan berantakan. Maka, kaum pria tidak terlalu tertarik pada perempuan yang memiliki rambut cepak, pendek dan tomboy.

Semua jenis rambut memendarkan daya pikat tersendiri

Entah lurus, keriting dan bergelombang, setiap jenis rambut tampak lebih indah jika panjang. Sedangkan, rambut pendek hanya cocok untuk rambut lurus saja. Coba bayangkan, apabila jenis rambut keriting yang dipangkas pendek. Hmm... tidak perlu dijelaskan, sudah pasti tidak sedap dipandang!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com