Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/11/2013, 12:17 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Mengingat di pasaran banyak ditawarkan alat penjepit, rol rambut dan juga curling iron yang dirancang untuk menciptakan rambut keriting sendiri, Anda mungkin berpikir bahwa membuat rambut keriting sendiri sangatlah mudah. Sayangnya hanya dalam hitungan menit saja rambut keriting ini sudah lepas dan lurus kembali.

Mungkin saja ini alasan keriting atau bentuk rambut ikal Anda tak bertahan lama.

1. Anda tak mengubah kondisi rambut
Cara terbaik untuk membuat rambut keriting bisa bertahan lama adalah dengan mengubah keadaan rambut saat menggulungnya. Ini bisa berarti mengubah kondisi rambut dari basah ke kering atau panas ke dingin.

Untuk membuat keriting yang bisa bertahan lama, Anda harus mengeritingnya dalam keadaan "basah". Ini bukan berarti Anda bisa mengeriting rambut dalam kondisi basah setelah keramas. Basah yang dimaksud adalah basah setelah pemberian produk pelindung rambut. Cucilah rambut Anda dan keringkan sedikit. Oleskan serum atau produk yang bisa melapisi rambut dari kekeringan dengan menggunakan jari-jari.

2. Membiarkannya jatuh sebelum diatur
Salah satu kesalahan terbesar yang menyebabkan keriting rambut tak bisa bertahan lama adalah waktu aplikasi yang kurang lama dan penggunaan curling iron. Sekilas penggunaannya memang terlihat praktis, namun aplikasi yang terlalu sebentar justru membuat keritingnya tak bisa bertahan lama dan jatuh sebelum diatur sempurna, terutama jika Anda memiliki rambut yang tebal dan panjang.

Untuk membuat keritingnya lebih tahan lama, Anda harus menambahkan penjepit rambut untuk menahannya sebentar lagi. Jepit gulungan rambut ini dan diamkan sampai rambut jadi dingin. Setelah dingin, lepas jepitan dan kibas rambut agar terlihat lebih alami.

3. Melepaskan curling iron atau rol panas terlalu cepat
Kebanyakan tutorial keriting rambut menyarankan untuk mendiamkan gulungan ini selama beberapa menit saja. Ini mungkin bisa dilakukan kalau Anda ingin menata kembali rambut dengan menggunakan tatanan lain. Tetapi kalau Anda ingin rambut ikal bisa bertahan lebih lama, maka diamkan curling iron atau rol panas ini menempel di rambut lebih lama (20-30 menit).

4. Tak disesuaikan dengan jenis rambut
Jenis rambut juga akan memengaruhi daya tahan keriting di rambut. Jika Anda memiliki rambut yang tebal dan panjang, maka Anda harus berjuang lebih keras untuk mendapatkan keriting yang sempurna. Semakin panjang dan tebal rambut Anda maka semakin lama waktu untuk mengeritingnya.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com