Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2013, 10:21 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


Kompas.com - Marge Simpson  adalah karakter ibu yang sangat sibuk dalam serial kartun legendaris The Simpson. Ia harus mengurus rumah, mengasuh tiga anak, dan mendampingi suaminya yang unik Homer Simpson. Dan seperti halnya banyak wanita lain, memakai baju-baju keluaran rumah mode terkenal adalah sebuah kemewahan.

Tetapi kini Marge menjadi model dari busana-busana yang menjadi ikon dalam dunia fashion. Adalah seniman Alexsandro Palombo yang menciptakan gambar Marge Simpson sebagai ikon fashion.

Dalam gambar tersebut kita akan melihat Marge, masih dengan rambutnya yang menjulang tinggi, memakai gaun hitam Givenchy yang pernah dikenakan Audrey Hepburn di film Breakfast at Tiffany, kostum Geri Halliwells bergambar bendera Inggris yang terkenal, gaun biru Kate Middleton, dan juga bergaya retro dalam pin dress ala Elizabeth Hurley rancangan Versace.

"Ada sisi Marge Simpson dalam diri setiap wanita dan saya mempersembahkan ini untuk memantik keajaiban dalam setiap perempuan; yakni kekuatan, feminitas, elegansi, erotisme dan kecantikan," kata Palombo kepada majalah Vogue Inggris.

Palombo menambahkan, ia sengaja menyeleksi busana yang memang memiliki pengaruh besar di dunia fashion dalam 100 tahun terakhir. "Setiap busana ini mengubah sejarah kostum, memberikan visi estetik yang baru dalam masyarakat kita," katanya.

Ia tidak memungkiri bahwa busana itu bukanlah seni tetapi menurutnya visi estetik yang dipancarkan telah berperan penting dalam emansipasi wanita sejak tahun 1900.

"Pada banyak kasus beberapa busana ini telah mengubah seorang wanita menjadi ikon, tetapi kebanyakan kepribadian seseorang yang membuat busana ini tampak bersinar," ujarnya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com