Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aneh tapi Nyata, Rangkuman Tips Kecantikan Perempuan Tahun 1910

Kompas.com - 26/11/2013, 12:15 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com — Seperti apa sih kaum perempuan pada tahun 1910-an dalam menjaga dan merawat kecantikan wajah mereka? Bagaimana mereka mempertahankan kulit agar senantiasa jelita tanpa teknologi nano yang bisa menyegarkan wajah, suntikan vitamin C yang mencerahkan, atau injeksi botoks untuk mengencangkan.

Sebuah buku berjudul In Health and Beauty Hints, yang ditulis oleh Margaret Mixter pada tahun 1910, merangkum rangkaian tips kecantikan perempuan zaman lampau. Seluruh tips nyaris tidak masuk akal, apalagi untuk diterapkan sekarang karena jujur saja sangat menyusahkan dan tidak praktis!

Selain ritual kecantikan yang terkesan ganjil, buku yang baru saja ditemukan ini juga memuat beberapa foto hitam putih, yang menampilkan seorang perempuan mengenakan gaun tidur tengah memijat lehernya, sebagai ilustrasi dari tindakan preventif atas proses penuaan.

Beberapa kecantikan pada masa lalu yang aneh tapi nyata tersebut ialah sebagai berikut.

Berjalan di tengah hujan. Air hujan dipercaya mengandung tonik yang sangat bagus untuk kulit kepala. Tonik adalah zat yang dapat melancarkan peredaran darah.

Dilarang keramas saat awan tengah mendung, apalagi ketika hari hujan. Apa pasal? Sebab, perempuan zaman dulu percaya hanya sinar matahari yang dapat menguatkan dan menyehatkan rambut mereka.

Pijat kulit wajah dan leher dengan krim serta minyak dengan kuat. "Faktanya, seiring pertambahan usia, kulit wajah akan mengendur dan dapat jatuh sampai terlepas. Maka dari itu, jangan lupa untuk menggosok otot kulit dan leher wajah kuat-kuat agar tidak terjadi peregangan kulit," tegas Mixter.

Pada malam hari, oleskan campuran minyak almond, lilin putih, lanolin, air elderflower,witch hazel, dan spermaceti (lilin yang terbuat dari sperma ikan paus). Gosok perlahan untuk mengangkat daging dan mengenyalkan pipi.

Untuk mengatasi dagu berlipat (double chin), gosok kulit dan daging pada lipatan dagu dengan kedua tangan, gosok dengan kuat.

Untuk mencegah pengenduran kulit leher, setiap perempuan yang berusia 25 tahun harus menyisihkan waktu setidaknya 10 menit pada malam dan pagi hari untuk memijat lehernya non-stop.

Penulis menyarankan perempuan untuk tidak mencuci rambut terlalu sering. "Bahkan, dalam kasus ekstrem, keramas harusnya dilakukan tiga minggu sekali," katanya. Jika mengalami bad hair day, bisa diatasi dengan menaburkan tepung jagung ke rambut.

Berolahragalah mengenakan busana rapi, misalnya baju dari kain flanel ringan yang akan memberikan kehangatan, tanpa menghambat gerakan. Anda juga harus menggunakan sandal wol untuk menutupi tubuh secara sempurna agar tidak ada udara dingin yang menyelip masuk dalam tubuh.

Pekerjaan rumah tangga dianggap sebagai latihan yang sangat baik untuk perempuan. Syarat ketika mengerjakannya adalah harus menahan bahu dan sering-sering membungkuk.

Untuk mengecilkan lengan, disarankan untuk membalut lengan dengan perban linen yang telah dilapisi minyak zaitun atau minyak almond pada malam hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com