Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2013, 13:53 WIB
Rahman Indra

Penulis

 

 


KOMPAS.com -  Ketika mengandung, perubahan hormon pada perempuan cenderung fluktuatif, alhasil mereka seringkali mengalami mood swing berlebihan, terutama bila menyangku soal penampilan. Namanya juga perempuan, kita selalu ingin tampil prima dan menarik walaupun perut terus membesar.

Kebutuhan perempuan untuk tetap tampil menawan di masa kehamilan, menginspirasi Sara Blakely, perancang dari brand khusus pakaian dalam perempuan, Spanx, untuk menciptakan korset khusus ibu hamil, Mama Spanx. Beberapa pekan lalu, korset ini telah resmi dirilis di Inggris. Dan telah diikuti oleh beberapa brand seperti Debenhams dan Primark.

Dari mana sih awal munculnya kebutuhan akan korset ini?

Penampilan selebriti di karpet merah, tentu saja! Amanda Holden dan Danii Minogue, dua artis bisa pionir yang mengenalkan korset ini, dan sekarang  menjadi incaran ibu-ibu hamil. Amanda dan Danii mengaku sengaja mengenakan Spanx,  agar tampak tetap menarik saat diabadikan oleh fotografer ketika sedang melenggang di karpet merah.

Namun bila berbicara mengenai tingkat keamanan, ternyata masih menjadi perdebatan banyak pihak. Tetapi, sang perancang sendiri menuturkan bahwa justru alasan utama menciptakan korset untuk ibu hamil adalah ingin membuat para calon ibu merasa nyaman dengan penampilan mereka.

Tetapi, jika pada akhirnya malah dapat membuat bokong dan paha menjadi tampak kencang, menurut Sara itu adalah bonus sampingan. Jadi lebih kurang, Sara mengembalikan pilihan kepada masing-masing individunya, apakah ingin mengenakannya atau tidak.

Lain lagi, yang diungkapkan oleh Elizabeth Duff, dari National Childbirth Trust atau NCT, ia  menganjurkan agar ibu hamil tetap memperhatikan pentingnya menjaga kehamilan dan aliran darah yang lancar untuk jabang bayi. Jangan karena semata ingin tampil modis lantas memaksakan diri, tanpa menghiraukan kemungkinan mengalami risiko yang berbahaya.

Pengarah gaya,Tamara Cincik, yang kerap menata penampilan para selebritis perempuan saat mereka hamil, seperti Christina Aguilera dan Lily Cole, mengutarakan seharusnya ketika hamil perempuan  menikmati setiap prosesnya, dan sepantasnya hal tersebut menjadi momen yang membanggakan, termasuk dengan bentuk tubuh yang dimilikinya.

Selain korset, ia lebih menganjurkan agar mengenakan bra yang tepat. Bila perlu seiring perkembangan kehamilan, ganti bra dengan ukuran yang sesuai dengan tubuh Anda. Jangan paksakan mengenakan yang ukurannya lebih kecil atau lebih besar. Intinya, selagi masih nyaman, boleh dikenakan.

Tetapi, sekali lagi disarankan untuk terlebih dahulu berkonsultasi kepada dokter kandungan sebelum memutuskan mengenakan korset hamil ini. Anda juga harus mempertimbangkan, bahwa saat tubuh dibebat oleh korset, hamil atau tidak, ritual buang air kecil sudah pasti lebih sulit dibandingkan saat tidak mengenakannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com