Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2013, 12:58 WIB
Rahman Indra

Penulis

Sumber Sofeminine

 

KOMPAS.com- Kecemasakan akan pekerjaan, uang, atau badan yang terlalu lelah bisa membuat mood serta hasrat bercinta berkurang. Jika diabaikan, gairah seks semakin lama makin menghilang. Kalau sudah begini, seks bisa menjadi prioritas paling akhir dalam hidup Anda dan tentu membahayakan perkawinan.

Emma Ziff, salah satu pakar seks, mengatakan faktor psikologis sering menjadi penyebab turunnya gairah bercinta. Kecemasan akan masa depan, stres yang tak kunjung terselesaikan, sampai hubungan dengan pasangan yang mulai renggang, adalah hal-hal yang membuat seseorang malas berhubungan seksual.

Untuk menyiasatinya, awali dengan melakukan 5 langkah berikut ini:

- Kenali masalahnya.
Tanpa disadari, hal-hal sepele seperti berat badan naik, merasa kurang seksi, kurang tidur, atau faktor hormonal menjelang menstruasi, kerap menyebabkan kita enggan untuk berintim-intim dengan pasangan. Faktor lain yang juga jarang diketahui adalah efek samping obat-obatan atau alkohol. Cari tahu apa yang sebenarnya terjadi pada diri Anda dan ambil tindakan untuk mengatasinya. Misalnya jika selama ini sering merasa kelelahan, coba tidur lebih lama setiap malam.

- Lakukan variasi.
Hubungan seks yang begitu-begitu saja memang bisa menyebabkan kebosanan. Eksplorasi berbagai gaya bercinta sehingga Anda lebih bersemangat. Atau, hadiahi diri sendiri dengan lingerie yang seksi agar rasa percaya diri di tempat tidur meningkat. Mengajak pasangan untuk saling merangsang tanpa perlu melakukan penetrasi juga ampuh membuat gairah seks menyala-nyala.

- Olahraga.
Sediakan waktu, paksakan bila perlu, untuk berolahraga. Setelah berolahraga, otak akan melepaskan hormon endorfin yang membuat tubuh relaks dan juga memicu hormon-hormon lain yang diperlukan untuk meningkatkan hasrat seks. Di samping itu, olahraga akan melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk ke organ vital.

- Pilih makanan.
Ada makanan tertentu yang bisa dijadikan sarana membangkitkan gairah seks. Misalnya buah semangka, cokelat, alpukat, tiram, dan masih banyak lagi. 

- Kontrol pikiran.
Berhenti khawatir dan mencemaskan tubuh Anda. Bangkitkan kembali gairah dengan membaca novel-novel percintaan atau erotis, sehingga Anda pun tertarik untuk mencobanya dengan pasangan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sofeminine
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com