Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyiapkan Si Kakak Menyambut Kelahiran Adik Bayi

Kompas.com - 30/11/2013, 14:53 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber Boldsky

Shutterstock Ilustrasi

KOMPAS.com –
Anak pertama rasanya sudah cukup umur untuk memiliki adik. Tapi Anda masih khawatir kehadiran adik akan membuat si sulung menjadi cemburu karena merasa tersaingi. Kehadiran bayi kecil di rumah memang bisa membuat banyak orang kurang memperhatikan si kakak.

Agar pikiran dan ketakutan itu tidak terjadi, Anda bisa mempersiapkan si kakak akan kehadiran calon adiknya. Dengan demikian ia akan sama bersemangatnya dengan Anda menyambut si adik.

Waktu tepat untuk memberitahu

Ketika Anda sudah mengetahui kehamilan kedua Anda, maka persiapkan waktu yang tepat untuk menyampaikannya kepada si sulung. Sampaikan dengan bahasa yang mudah ia mengerti. Anda bisa menunggu sampai kehamilan sudah agak besar sehingga si kakak tidak terus-terusan memberondong Anda dengan pertanyaan "kapan adik bayi lahir".

Sesuai usia

Anda bisa memberitahu si kecil tentang adik bayi lewat membacakan buku cerita mengenai kehadiran seorang adik atau cerita tentang kakak beradik. Alternatif lain adalah membuka kembali album foto lama ketika si kakak masih bayi sehingga ia memiliki gambaran seperti apakah bayi. Anda juga dapat mengajaknya mengunjungi teman atau kerabat yang baru melahirkan.

Libatkan dalam persiapan

Selalu libatkan si kakak dalam persiapan, mintalah pendapatnya mengenai warna baju yang akan dibeli atau mengajaknya berbelanja bersama untuk mempersiapkan kebutuhan adik bayi. Lambat laun perasaan mencintai dan memiliki adik akan tumbuh dalam dirinya.

Dia menginginkan Anda!

Harus tetap diingat, si kecil menginginkan kedua orangtuanya dan salah satu yang ia inginkan adalah perhatian Anda. Si kecil tentu memiliki rasa tidak aman karena sebentar lagi akan ada anggota baru di rumah. Untuk mengatasinya, tetap berikan perhatian yang ia butuhkan dan yakinkan dirinya untuk tidak merasa tersaingi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com