Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2013, 19:26 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis


KOMPAS.com – Salmon adalah ikan yang istimewa karena kandungan gizinya yang tinggi. Ikan ini bahkan lebih lezat dikonsumsi dalam kondisi mentah asalkan masih segar. Karena itu kita harus mengetahui cara penyimpanan salmon yang tepat.

Menurut Sugiyanto Wibaya, Chief Operating Officer Ranch Market, sebaiknya salmon dikonsumsi pada hari yang sama saat dibeli karena kesegarannya lebih terjamin.

Jika tidak sempat mengolah salmon pada hari tersebut, sebaiknya simpan salmon dalam freezer. "Saat membeli salmon, mintalah es batu dalam kantong plastik terpisah agar kondisi salmon tetap segar sampai rumah," katanya di Jakarta, Sabtu (30/11/13).

Sebelum disimpan di kulkas, keringkan dulu daging salmon dengan tisu dapur hingga sisa air terserap. Jangan mencuci salmon dengan air.

Kemudian letakkan salmon dalam wadah yang dibungkus plastik atau pembungkus alumuniom foil. Setelahnya, letakkan salmon di tempat yang paling dingin dalam kulkas.

“Apabila kondisi salmon yang dibeli benar-benar segar, maka salmon dapat dibekukan hingga dua bulan di dalam freezer dengan pengemasan yang baik. Tapi kalau salmon tidak ditempatkan pada tempat pendingin yang kurang baik, salmon masih bisa digunakan sampai tiga hari,” tandasnya.

Suhu pendingin yang disarankan untuk menyimpan salmon berkisar antara 0-3 derajat celcius.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com