Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2013, 11:05 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis


KOMPAS.com - Menumbuhkan jiwa kreatif pada anak tentunya tidak mudah. Peran orangtua juga sangat dituntut untuk mampu melatih dan memberikan pancingan pada si anak.

Demikian disampaikan Vera Itabiliana, psikolog dari Ilmu Psikologi Terapan Universitas Indonesia saat menjadi pembicara dalam talkshow "Anak Kreatif Anak Cerdas" di acara Nova Ladies Fair 2013, beberapa pekan lalu.

“Ada beberapa pertanyaan yang dapat memancing kreativitasnya. Anda dapat menyampaikan pertanyaan-pertanyaan tersebut secara berkala pada anak,” terang Vera.

1. Pertanyaan terbuka. Ini adalah pertanyaan yang jawabannya tidak pasti dan dapat selalu dikembangkan.

2. Pertanyaan tentang perubahan. Kita meminta pendapatnya, misal saat menonton TV, kita tanya "Kalau ibu besarkan volume hingga maksimal kira-kira bagaimana, ya?" Ini, ujar Vera, akan melatih anak memungkinkan beberapa kemungkinan dari satu kasus.

3. Pertanyaan yang memungkinkan banyak jawaban. Contohnya, apa saja guna air, bagaimana cara mendapatkan nilai baik? Pancing ia memberi lebih dari satu jawaban. Anda pun bisa 'menyumbang' salah satu jawabannya.

4. Pertanyaan berandai. Misalnya, kalau kita berlibur ke pantai, apa saja yang bisa dilakukan? Ini dapat memancing imajinasi Si Kecil.

5. Pertanyaan tentang kegunaan suatu benda.Misalnya kuas, karet, selain untuk mengikat rambut, apakah ada fungsi lainnya?

 

"Mengajarkan kreativitas pada anak berarti orangtua harus memberi kebebasan berekspresi dan kebebasan untuk menjadi diri sendiri. Jadi hargai setiap jawabannya dan arahkan bila salah," tambahnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com