Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2013, 16:28 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com — Bercinta lagi dengan suami setelah melahirkan buah hati tersayang bisa jadi menimbulkan perasaan cemas, bergairah, atau gabungan keduanya. Sebelum terburu-buru "temu kangen" dengan suami pasca-melahirkan, simak beberapa aturan berikut ini.

Beberapa perempuan merasa siap untuk kembali menikmati malam-malam panas segera setelah melahirkan. Sementara yang lain lebih suka menunggu beberapa waktu hingga tubuh merasa seutuhnya fit, bahkan ada yang rela menunggu hingga berat badan kembali normal seperti sebelum melahirkan, wow... lama sekali yah?

Sebenarnya bercinta seusai melahirkan bergantung pada kesiapan Anda sendiri. Kalau mengacu pada rekomendasi dokter, mereka menyarankan untuk menunggu hingga empat hingga enam minggu. Dan disarankan juga, sebelum kembali "bertempur" dengan suami, ada baiknya memeriksa kondisi tubuh ke dokter. Meski sudah merasa siap untuk kembali memadu asmara dengan suami, jangan kaget jika gairah yang muncul tidak lagi menggebu-gebu sebelum kehadiran si jabang bayi.

Ketika telah merasa siap, komunikasikan kepada suami mengenai apa pun yang diinginkan dan dirasakan. Rasa cinta dan keinginan untuk membuat orang yang Anda kasihi merasa nyaman dan bahagia akan membuat Anda berdua rela bersabar.

Sediakan waktu

Tunggu hingga si kecil tertidur pulas, atau titipkan kepada orangtua Anda. Nikmati saja setiap detik yang berlalu sambil membangkitkan mood untuk bercinta.

Mulailah dengan perlahan

Katakan kepada suami, apa yang bisa membuat Anda senang dan apa yang dapat membuat Anda tak nyaman. Sebab, suami tidak akan tahu bagian tubuh mana yang masih terasa sakit dan posisi bercinta seperti apa yang sesuai dengan kondisi saat ini.

Gunakan lubrikan

Setelah melahirkan, Miss Cherry biasanya mengering dan lubrikan dapat menjadi "penyelamat" untuk mencapai puncak bercinta.

Coba berbagai posisi berbeda

Ada kalanya, perempuan lebih bisa mengontrol gerakan jika suami berada di atasnya. Maka dari itu, posisi misionary menjadi gaya bercinta yang sering direkomendasikan pakar seks untuk para perempuan yang baru saja seusai melahirkan.

Mencegah air susu yang bocor

Jika Anda merasa khawatir air susu akan tumpah keluar, kenakanlah bra selama bercinta, atau sebelumnya pompa ASI terlebih dahulu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com