Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kali Mengajak Anak ke Bioskop? Baca Tip Ini

Kompas.com - 02/12/2013, 12:29 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber Shine

Kompas.com - Sebelum memiliki anak, acara menonton film di bioskop rasanya sederhana saja. Sepanjang Anda menyukai aktor atau aktris yang jadi bintangnya, sutradaranya, atau karena sedang kepingin nonton, maka tinggal masuk saja ke bioskop.

Tetapi ketika memiliki anak, apalagi masih usia balita, banyak yang harus jadi pertimbangan sebelum mengajaknya notnon film. Terlebih kalau ini adalah pertama kalinya si kecil ke bioskop. Jadi, apa saja yang harus diketahui agar acara nonton ini sukses?

1. Pertimbangkan kesiapannya
Kapan usia yang tepat untuk mengajak anak ke bioskop untuk pertama kalinya? Sebenarnya semua itu tergantung anak. Kebanyakan anak menonton film di bioskop pertama kali sekitar usia 3-4 tahun, tetapi ada juga orangtua yang menunggu sampai si anak lebih besar sedikit. Ini bisa jadi pertimbangan jika anak terlalu sensitif pada suara keras atau takut terhadap gelap.

2. Pilih film yang tepat
Ini adalah syarat mutlak untuk memilih film yang memang ditujukan untuk anak-anak. Film animasi bertema kehidupan binatang biasanya cocok untuk anak. Sebaiknya pilih film yang alurnya tidak terlalu cepat atau durasinya lebih pendek.

3. Lewatkan iklan
Sebelum film ditayangkan, biasanya akan muncul beberapa iklan atau trailer film-film terbaru. Anak berusia kurang dari 8 tahun belum mampu membedakan iklan dari konten film yang akan ditontonnya. Selain itu, trailer film biasanya bersuara keras dengan potongan adegan yang cepat. Ini bisa menjadi hal yang menakutkan pada anak.

4. Buat persiapan
Sebaiknya pilih waktu menonton pada siang hari atau jam tayang pertama karena mood anak biasanya masih bagus. Selain itu pastikan perut anak sudah kenyang sehingga ia tidak terlalu rewel.

5. Ikuti alur
Anda bukan satu-satunya orangtua yang terpaksa keluar lebih dulu dengan anak yang menangis, berteriak, atau merengek. Mungkin Anda akan merasa membuang uang untuk tiket, tetapi jangan paksa anak untuk duduk diam menonton sesuatu yang mereka belum siap. Keluar sebentar ke lobi biasanya cukup efektif untuk membuat mereka jeda sebentar dan masuk kembali meneruskan film.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Shine
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com