Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Mulailah Jatuh Cinta kepada Diri Sendiri

Kompas.com - 05/12/2013, 13:29 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com — Hidup hanya sekali, nikmatilah dengan rasa syukur dan berikan cinta untuk diri Anda sendiri. Karena, dengan mencintai diri sendiri, akan tercipta kebahagiaan yang sejati!

Coba ingat-ingat, kapan terakhir kali Anda mensyukuri hidup yang telah diberikan oleh Yang Mahakuasa kepada Anda? Kemudian, coba hitung dalam sehari berapa kali Anda mengeluh? Bandingkan jumlahnya, mana yang lebih banyak? Jikalau Anda lebih sering mengeluh daripada mensyukuri nikmat kehidupan, maka ulasan ini sangat tepat untuk Anda simak.

Perlu Anda ketahui bahwasanya rasa bahagia, cinta, kesuksesan, kreativitas, karier, bahkan sampai hubungan seksual pun sangat bergantung pada keyakinan terhadap diri sendiri. Bayangkan, bagaimana mungkin Anda bisa mengembangkan karier kalau Anda sendiri tidak percaya bahwa Anda mampu. Rasa tidak percaya ini bersumber dari kurangnya cinta yang Anda berikan kepada diri Anda sendiri.

Melalui bukunya yang bertajuk How Can You Tell You’re Really in Love?, Sol Gordon, PhD, menguraikan empat peta bahagia untuk menggapai kebahagiaan sejati.

Siapa teman baik Anda?

Menurut Sol, teman yang baik adalah seseorang yang mendengarkan dan menyimak. Hal ini karena dalam ilmu psikologi, inti dari rasa frustrasi sebagian besar orang di dunia ini adalah mereka merasa tidak pernah didengarkan. Maka, selektiflah memilih sahabat. Teman boleh banyak tetapi dengan punya sahabat, walaupun sedikit asal berkualitas, maka Anda akan baik-baik saja.

Teman yang selalu mencoba mengontrol Anda tak layak dipertahankan. Segera atur strategi untuk menjauhkan diri dari mereka sekarang juga.

Apa yang paling mengganggu diri Anda?

Ketika terbentur dengan masalah, jangan terlalu banyak memikirkannya. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah segera mencari solusi, atau setidaknya memulai langkah awal untuk meredakan konflik. Memikirkan banyak hal tanpa mencari jalan keluarnya merupakan pencetus insomnia. Padahal, tidur malam yang cukup memiliki jutaan manfaat baik, beberapa di antaranya adalah tubuh yang fit dan pikiran yang solid.

Sol menyarankan untuk mencoba "kupas" pelan-pelan persoalan yang membebankan hidup Anda, lalu, temukanlah solusinya. Memang sih, tidak semua masalah bisa diselesaikan dengan segera, tapi paling tidak, ciptakanlah langkah awal untuk mencari penyelesaian.

Apakah si dia pasangan yang tepat?

Perempuan dan “petualangannya” mencari pangeran impian memang selalu menarik untuk dibahas. Yang lajang ingin punya pasangan, lalu yang berpasangan malah merindukan hidup melajang. Aneh, bukan? Itulah kompleksitas pikiran perempuan!

Menurut Sol, untuk mengetahui apakah si dia pasangan yang tepat atau bukan, caranya adalah memperhatikan sikapnya saat sedang menyelesaikan masalah. Apakah si dia terburu-buru dalam mengambil keputusan yang masing setengah matang, atau sebaliknya. Selain itu, amatilah diri Anda saat bersamanya. Siapakah kalian? Satu visi-misikah kalian? Jika tidak, jangan buang waktu terlalu banyak, biarkan dia pergi.

Mengapa Anda takut gagal?

Bahkan seorang atlet olahraga ekstrem sekalipun memiliki ketakutan untuk gagal, meskipun jumlahnya lebih kecil dibandingkan orang pada umumnya. Jangan minder, hanya karena Anda bukanlah seorang risk taker. Orang lain mungkin memandangnya sebagai kelemahan, tetapi Anda harus memandangnya sebagai kelebihan!

Lakukanlah sesuatu yang Anda yakin bisa selesaikan. Dapat menyelesaikan tugas dan proyek sesuai rencana tentu dapat menambah rasa percaya diri. Cobalah dengan sesuatu yang kecil dahulu, setelah dirasa mampu, beralihlah ke yang lebih menantang. 

Sumber: How Can You Tell You’re Really in Love?, Sol Gordon, PhD.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com