Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2013, 13:56 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis


KOMPAS.com – Resume yang Anda kirimkan saat melamar pekerjaan ibarat sebuah produk. Maka si pewawancara kerja bisa diandaikan tempat beriklan. Itu sebabnya proses wawancara kerja adalah kesempatan Anda “menjual” diri dan menjelaskan apa yang bisa diberikan kepada perusahaan tempat Anda melamar. Jadi tunjukkan rasa percaya diri.

Rasa gugup dan cemas bisa muncul jika kita merasa tak menguasai medan. Demikian juga halnya saat menghadapi wawancara kerja. Karena itu bekali diri Anda dengan kemungkinan pertanyaan yang akan diajukan saat wawancara.


Ceritakan tentang diri Anda?

Pertanyaan ini selalu muncul dalam setiap sesi wawancara kerja. Si pewawancara menanyakan hal ini karena berbagai alasan, salah satunya ingin mengetahui bagaimana cara Anda berkomunikasi, atau karena ingin mengetahui prestasi apa yang pernah Anda raih. Pilihlah jawaban sesuai posisi yang ingin Anda tuju. Misalnya, jika Anda berniat melamar sebagai public relation maka prestasi menjuarai lomba pidato dalam bahasa Inggris sebaiknya ditonjolkan.

Apa kelemahan dalam diri Anda?

Biasanya jika ditodong pertanyaan seperti ini, Anda pasti bingung untuk menjawab apa. Jangan khawatir, semua orang pasti memiliki kelemahan dalam dirinya, jadi pertanyaan ini untuk mengetes integritas dan kesediaan Anda menerima kenyataan bahwa Anda pun tidak sempurna.

Pertanyaan ini memang untuk mengetahui kelemahan Anda sekaligus untuk mengetahui apa yang sudah Anda lakukan untuk mengatasinya. Misalnya, jika Anda menjawab punya kelemahan dalam hal public speaking, jelaskan juga jika Anda sudah ikut kursus untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Mengapa Anda tertarik pada posisi pekerjaan ini?

Pertanyaan ini kerap langsung ditujukan kepada si pelamar, tapi sayangnya, kebanyakan dari si pelamar justru akan menjawabnya dengan menceritakan kisah hidup mereka yang mana sebenarnya sudah dijabarkan di pertanyaan pertama.

Pada pertanyaan ini, si pewawancara ingin mengetahui ketertarikan Anda pada posisi yang dilamar. Perusahaan akan lebih menyukai orang yang memang memiliki passion pada pekerjaan tersebut. Jelaskan bahwa Anda adalah kandidat yang tepat dan memiliki minat yang besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com