Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2013, 16:22 WIB

Kompas.com - Sekarang ini, siapa yang tak bersahabat dengan gadget? Di rumah, di kantor, bahkan di jalan, kita hampir tak bisa lepas dari gadget. Padahal terlalu "lengket" dengan gadget efeknya pun tak baik bagi diri kita loh.
 
Dokter Timothy Sharp dari Happiness Institute menjelaskan pentingnya detoks teknologi sebagai terapi untuk jiwa kita.

Mengapa? Detoks teknologi memungkinkan kita untuk terlibat dalam komunikasi langsung yang berarti. Selain itu juga memberikan kita kesempatan untuk menikmati pengalaman berarti dengan orang-orang di sekitar kita secara langsung.

Persiapan mental: Temukan lebih dulu perasaan apa yang akan kita rasakan. "Jika kita khawatir banyak rekan akan mengira kita hilang, pastikan dalam satu jam atau satu hari kita tak langsung membuat perubahan drastis. Namun, jika yang kita pikirkan adalah opini orang lain tentang apa yang kita lakukan, jangan hiraukan". Yakinlah bahwa kita sedang melakukan sesuatu yang sehat dan baik untuk diri kita sendiri.

Kapan berubah: Dr.Tim menyarankan waktu yang paling tepat untuk memulainya adalah sejam sebelum tidur setiap malam, beberapa jam setiap akhir pekan, dan jika berani lakukan hal ini selama sehari atau dua hari penuh dalam sebulan.

Jika kita merasa stres dan kelelahan, ide terbaik adalah 'back to basics' dengan mematikan semua gadget, berolahraga, meditasi, dan melakukan hal lainnya yang menyehatkan sekaligus menenangkan. Terpenting adalah lakukan hal yang kita rasa perlu dilakukan untuk kebaikan diri kita sendiri.

Set the rules: Misalnya, "Saya akan menghabiskan dua hari ke depan tanpa menatap layar gadget sama sekali." Atau "Saya hanya akan menghabiskan waktu satu jam untuk memegang iPhone dan gadget lainnya selama weekend ini."

Intinya, kitalah yang menentukan peraturannya sendiri. Sesuaikan dengan kebutuhan, kepentingan dan kemampuan. Dr.Tim menyarankan, ucapkan peraturan terlebih dulu. Jika perlu, katakan pada teman-teman atau rekan kerja yang mungkin menghubungi Anda, sehingga mereka tak akan mengharapkan respon Anda.

Akan lebih baik lagi jika Anda bisa mengajak teman-teman atau membuat sebuah grup untuk melakukan hal yang sama.

Menerapkannya: Selalu tinggalkan gadget di ruangan berbeda dalam keadaan off. Jadi, Anda takkan tergoda untuk mengeceknya. Butuh motivasi lebih? Anda bisa memberikan reward pada diri sendiri setiap berhasil melakukannya. Ini akan membuat Anda lebih bersemangat.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com