Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Finalis dari Venezuela Lagi-lagi Berhasil Meraih Gelar Kontes Kecantikan

Kompas.com - 08/12/2013, 15:18 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com – Kecantikan dan kemolekkan tubuh memang merupakan syarat utama untuk menjadi finalis kontes kecantikan, tetapi sebenarnya dua persyaratan tersebut tidak menjadi penilaian utama.

Pada kompetisi Miss Earth 2013, selain penampilan, para kontestan dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas mengenai lingkungan hidup, juga visi, misi, dan tujuan sebagai solusi dari persoalaan lingkungan, baik secara global atau pun nasional. Karena, kontestan yang didaulat menjadi Miss Earth, nantinya akan mengemban tanggung jawab sebagai duta penyelamat lingkungan dan bumi di seluruh dunia. 

Ajang yang dihelat di Muntinlupa City, Filipina pada Sabtu (7/12/2013) ini diikuti oleh 88 negara di seluruh dunia. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Indonesia juga mengirimkan perwakilan, Miss Earth Indonesia 2013, Nita Sofiani. 

Sayangnya, impian Nita menjadi Miss Earth 2013 harus berhenti, karena gagal menembus 16 besar Miss Earth 2013. 

Setelah babak 16 besar, proses penyaringan dilanjutkan dengan pemilihan delapan besar. Yang terpilih sebagai delapan besar ini antara lain Andjelka Tomasevic (Miss Earth Serbia), Katia Wagner (Miss Earth Austria), Aleksandra Szczesna (Miss Earth Polandia), Alyz Henrich (Miss Earth Venezuela),Angelee delos Reyes (Miss Earth Filipina), Punika Kulsoontornrut (Miss Earth Thailand), Catharina Choi (Miss Earth Korea) dan Kristal Silva (Miss Earth Mexico). 

Di babak final ini, para juri melemparkan pertanyaan berkaitan dengan isu lingkungan hidup, dan para kontestan harus memberikan jawaban yang tepat yang dapat memukau para juri.

Dari tahanpan ini, akhirnya para juri menetapkan empat juara Miss Earth. Juara Miss Earth Fire 2013 diraih oleh Catharina Choi dari Korea, Miss Earth Water 2013 diraih oleh Punika Kulsoontornrut dari Thailand, Miss Earth Air diraih oleh Katia Wagner dari Austria. 

Sedangkan juara Miss Earth 2013 direbut oleh Alyz Henrich dari Venezuela. Alyz Henrich berhasil merebut mahkota Miss Earth dari tangan Tereza Fajksova, Miss Earth 2012. Semenjak tahun 2005, ini adalah kali kedua Venezuela meraih gelar Miss Earth!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com