Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2013, 11:20 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


Kompas.com - Menjelang akhir tahun, sebagian pekerja akan mendapatkan dana tambahan berupa THR Natal atau pun bonus akhir tahun. Selain dihabiskan untuk keperluan hari raya dan liburan, ternyata cukup banyak orang Indonesia yang ingin membelanjakan uangnya untuk membeli hadiah.

Dalam sebuah survei terhadap hampir 6.000 responden yang diadakan oleh Groupon, jaringan e-commerce, di 12 negara menunjukkan, 40 persen berencana memberikan hadiah unik atau hadiah khusus untuk orang terdekat mereka. Jumlah tersebut hanya berselisih sedikit dengan masyarakat di Hong Kong (41 persen).

Jika responden dari Indonesia memiliki tambahan anggaran untuk hadiah liburan, sebanyak 53 persen mengaku akan menghabiskannya untuk sesuatu yang menyenangkan diri mereka sendiri. Persentase ini berbanding sedikit dengan responden dari Korea yang sebanyak 58 persen dan lebih tinggi dari responden dari Australia (33 persen).

"Hasil survei ini menunjukkan bahwa Indonesia memimpin wilayah dengan kebiasaan mereka dalam memberi hadiah dan belanja online, terutama melalui smartphone dan tablet," kata Indrasto Budisantoso, CEO Groupon Indonesia dalam siaran pers yang diterima KompasFemale.

Kisaran jumlah dana yang dihabiskan untuk membeli hadiah rata-rata sebanyak Rp 420 ribu untuk memberikan lima buah hadiah kepada keluarga dan teman-teman. Berdasarkan survei, 51 persen responden telah menyiapkan hadiah ini sekurangnya 1-2 bulan sebelumnya.

Selain itu, survei ini juga mendapati bahwa selain Taiwan dan Malaysia, orang Indonesia merupakan konsumen yang senang berbelanja melalui ponsel atau tablet di wilayah Asi Pasifik.

Jenis hadiah yang banyak dipilih untuk dibeli secara online antara lain voucher makan di restoran, paket liburan, serta membeli pakaian atau sepatu.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com