Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos Hamil, Mulai dari Makan Es Krim hingga Cincin Kawin

Kompas.com - 10/12/2013, 16:11 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Parenting
KOMPAS.com — Meski kini alat prediksi jenis kelamin si jabang bayi sudah semakin canggih, masih ada beberapa orangtua yang tidak ingin mengetahui jenis kelamin janin sebelum waktunya melahirkan.

Umumnya, mengetahui jenis kelamin janin sebelum melahirkan berkaitan dengan persiapan perlengkapan sang jabang bayi. Warna biru untuk bayi laki-laki, warna merah muda untuk bayi perempuan, dan bagi yang tetap tidak ingin mengetahuinya memilih warna netral seperti kuning, hijau, dan putih.

Menerka jenis kelamin bayi bisa dilakukan dengan cara alamiah seperti melihat bentuk tubuh sang ibu, perilaku selama kehamilan, dan sebagainya. Meski tingkat akurasinya tidak sampai 100 persen, tetapi tetap layak untuk dicoba.


1. Rasio detak jantung
Ketika menjalani pemeriksaan di dokter kandungan, dokter Anda pasti memeriksa detak jantung si kecil. Mitosnya, jika detak jantung jabang bayi sekitar 140 detak per menit, maka bayi Anda perempuan. Dan sebaliknya, detak jantung di bawah 140 maka ia adalah laki-laki.

2.Makanan manis dan asam
"Ngidam" es krim setiap hari saat hamil? Nah ini juga bisa jadi petunjuk. Mitosnya, jika Anda ngidam makanan manis maka itu berarti bayi Anda perempuan. Sedangkan jika ngidam makanan yang asin atau asam, bayinya laki-laki.

3. Angka ganjil dan genap
Menurut legenda bangsa Maya, jenis kelamin bayi bisa ditentukan lewat angka. Angka yang harus dilihat adalah angka dari usia ibu saat hamil dan tahun kehamilan. Jika kedua angka ini adalah angka genap atau keduanya ganjil maka bayi diprediksi berjenis kelamin perempuan. Jika satu genap dan satu ganjil maka bayi berjenis kelamin laki-laki.

4. Gaya dandan
Jika Anda mendadak rajin berdandan cantik maka mitos yang beredar, bayi Anda adalah perempuan. Keyakinan yang beredar adalah bayi-bayi perempuan ini "mencuri" kecantikan ibu mereka.

5. Ayunan cincin
Lepaskan cincin kawin Anda, kemudian ikatkan dengan benang. Angkat di atas perut Anda. Jika cincin ini berayun dalam bentuk lingkaran, maka bayi Anda adalah laki-laki. Sedangkan jika bergerak maju mundur berarti perempuan.

6. Gejala morning sickness
Merasakan gejala morning sickness yang cukup parah selama trimester pertama? maka bisa jadi ini tanda-tanda mengandung anak perempuan. Kalau hanya sedikit atau tidak mengalami masalah sama sekali bisa jadi anak Anda laki-laki.

7. Ukuran perut
Coba perhatikan ukuran perut Anda. Kalau ukuran perutnya cukup besar dan agak tinggi maka diprediksi anak Anda adalah perempuan. Sedangkan kalau tidak terlalu besar dan cenderung ke bawah, maka ini adalah laki-laki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Parenting
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com