Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria dengan Suara yang Berat Lebih Seksi di Mata Perempuan

Kompas.com - 11/12/2013, 07:12 WIB

KOMPAS.com — Selain garis wajah dan aroma tubuh pria, ternyata daya tarik lain pria terdapat pada suaranya. Menurut perempuan, pria yang memiliki suara berat dan dalam umumnya memiliki paras yang tampan dan seksi.

Pria dengan suara berat dan dalam dinilai lebih mampu melindungi dan bertanggung jawab. Mungkin pernyataan tersebut terdengar tidak masuk akal, tetapi sebuah penelitian di Kanada dan Inggris membuktikan bahwa pria bersuara berat memang terkesan lebih maskulin bagi perempuan.

Untuk membuktikan relevansi antara suara dan penampilan pria, Universitas McMasterdi, Kanada, mengadakan penelitian yang dipimpin oleh Jillian O'Connor, dan melibatkan 90 partisipan perempuan. Mereka diminta untuk menilai suara pria yang mereka dengar dari sebuah rekaman yang memuat beberapa tipe suara. Kemudian, mereka menilai suara-suara tersebut berdasarkan daya tarik, dominasi, kepercayaan diri, dan seksualitas.

Hasil dari studi tersebut menyebutkan bahwa tipe suara pria yang dalam dan berat memiliki daya tarik seksual paling tinggi. Bahkan, pria berparas tampan tetapi bersuara lembut atau melengking dinilai kurang menarik.

Sebelumnya, David Feinberg dari universitas yang sama juga pernah melakukan penelitian yang mempelajari relevansi antara suara dan kemampuan bercinta seorang pria. Hasil penelitiannya mengungkapkan bahwa suara pria memiliki "resonansi" yang lekat terhadap performa bercinta.

Fakta serupa juga ditemukan oleh para peneliti Inggris, seperti yang diterbitkan pada jurnal Memory & Cognition, yang mengungkap bahwa perempuan cenderung mengingat sesuatu jika mereka mendengarnya dari pria dengan suara berat ketimbang mereka yang suaranya melengking.

"Alasan mengapa nada suara pria menjadi penting adalah karena nada suara memberikan indikasi berapa banyak testosteron yang dimilikinya," ujar ketua penelitian ini, Kevin Allan, yang juga pengajar jurusan psikologi di University of Aberdeen, Inggris. "Testosteron yang banyak akan menghasilkan kesan maskulin pada suara maupun wajahnya."

Menurut Feinberg, pria bersuara lembut dan melengking dipercaya kurang mampu memuaskan pasangan. Sebaliknya, pria dengan suara berat memiliki tingkat kesuburan yang tinggi, lebih subur, dan berpotensi memiliki anak banyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com