Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wah... Ternyata H&M Sering Mencontek Kreasi Desainer Lain?

Kompas.com - 11/12/2013, 17:55 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com – Ternyata selain dikenal dengan koleksi fesyen harga terjangkau, merek ritel asal Swedia ini kerap terjenggal dengan tuntutan dari beberapa  pihak akibat ‘gemar’ menyontek kreasi perancang dan artis lain. Apa pasal?

Setelah mencetak sensasi karena kehadirannya di ibukota disambut penuh semangat oleh para pecinta fesyen Jakarta. Kini, ritel H&M digugat oleh merek busana anak-anak, Littlephant. Apa pasal?

Menurut Huffington Post, seorang ilustrator bernama Camilla Lundsten telah  menuntut H&M karena merasa merek tersebut telah mencuri karyanya tanpa izin dan pemberitahuan.

Menurut Camilla, rilisan busana anak terbaru H&M sangat mirip dengan rancangan hasil kerjasamanya dengan Littlephant. Bahkan, perbedaannya terlalu tipis, bila tak diperhatikan tidak terlalu kentara terlihat.  Menanggapi hal ini, Camilla pun segera mempertanyakan kepada pihak H&M lewat surat yang ia kirimkan ke kantor pusat.  Akan tetapi sayangnya tidak mendapatkan respon dari pihak H&M.

Maka dari itu,  ia pun memanfaatkan ruang sosial media dengan menyebarkan berita ini melalui Instagram resmi miliknya, diiringi foto rancangan miliknya dan yang dirilis oleh H&M, sebagai perbandingan.

Setelah terlanjur menyebar di internet, barulah akhirnya H&M merespon seruan Camilla.  "Mereka meminta maaf dan mengatakan bahwa kemiripan busana itu hadir terlalu dekat dengan aslinya. Dan mereka mengatakan mereka akan menarik koleksi itu dari pasar segera," jelas Camilla mengenai permohonan maaf dari H&M.

Tetapi sangat disayangkan, ternyata pihak H&M menarik koleksi tersebut terlalu lama, bahkan mencapai satu bulan.  “Saya yakin mereka mendapatkan keuntungan yang besar dari koleksi hasil menyontek karya saya tersebut. Jika Anda mengambil desain seseorang,  terutama dari seorang desainer kecil seperti saya, seharusnya saya mendapatkan royalti,” ungkapnya dengan kecewa.

Ternyata insiden contek menyontek rancangan ini, bukan kali pertama dihadapi oleh H&M. Sebelumnya, kejadian serupa juga pernah dialami Tori LaConsay , ilustrator lain yang karyanya sempat dicontek oleh  muncul di H & M. Pada bulan Januari 2012, Tori menyadari bahwa dua karya grafis yang ia rancang untuk billboard lingkungan di Atlanta yang berbunyi, "You Look NiceToday"  dan "I’m So Happy You’re Here” menjadi tagline di baju, tas dan keset merek H & M.

Awalnya, H&M menanggapinya dengan antipati dan menolak dituduh telah mencuri karya Tori. Tetapi, belakangan akhirnya mereka mengalah dan setuju mendonasikan dana lebih kurang Rp. 30 juta untuk organisasi di daerah Atlanta, tepatnya pada lokasi di mana karya orisinil Tori dipajang.

Tak berhenti sampai di situ, ternyata pada bulan Agustus silam, fotografer Estevan Oriol juga pernah menuntut H & M, karena menggunakan hasil foto-foto yang ia abadikan pada tahun 1995 tanpa ijin. Foto Estevan diaplikasikan sebagai motif cetak  dengan judul "LA Fingers" pada koleksi busana perempuan . Estevan pun menggugat H&M  untuk kerusakan dengan jumlah yang tidak ditentukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com