Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piranti Makan dari Kaca Khusus Oven dan Microwave

Kompas.com - 14/12/2013, 15:29 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


Kompas.com - Memasak atau memanaskan makanan di oven dan microwave bukan hal asing bagi para wanita khsususnya di perkotaan. Terlebih menjelang Natal dan Tahun Baru ketika kebanyakan keluarga lebih memilih menu makanan ala Western yang kebanyakan memang harus dipanggang. Untuk itu diperlukan piranti makan berbahan kaca.

Secara umum saat ini di pasaran ada tiga material yang digunakan untuk piranti makanan. Yang pertama adalah berbahan kaca biasa, berbahan tempered glass dan kaca tahan panas (heat-resistant glass). Piranti berbahan kaca biasa yang umumnya dipakai untuk gelas, piring, atau mangkuk, umumnya sangat rapuh dan mudah pecah.

Sementara itu piranti makan berbahan tempered glass umumnya lebih murah tapi memiliki kelemahan bisa pecah dengan sendirinya jika suhu di sekitarnya berubah. Material tempered glass ini juga biasa digunakan pada kaca mobil atau kaca kamar mandi. Salah satu ciri dari material ini adalah adanya warna pelangi pada kaca.

Inovasi terbaru pada bahan kaca adalah kaca tahan panas yang lebih aman digunakan. Kelebihan bahan ini saat dipakai untuk memasak adalah lebih tahan akan perubahan suhu yang cepat dan suhunya akan naik perlahan-lahan karena tidak menyerap banyak gelombang elektromagnetik sehingga permukaannya tidak terlalu panas. Beratnya juga lebih ringan dibanding piranti berbahan tempered glass.

Lock & Lock, produsen piranti makanan asal Korea, kini menghadirkan piranti memasak khusus untuk digunakan dalam oven dan microwave menggunakan bahan heat-resistant glass yang terbuat dari bahan borosilicate. Bahan ini diklaim aman dan lebih tahan pada suhu panas dan suhu dingin pada waktu bersamaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com