Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/12/2013, 14:09 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com – Jika Anda ingin memiliki hubungan yang langgeng, maka komunikasi yang lancar merupakan sesuatu yang tidak bisa ditawar. Komunikasi yang baik berarti Anda mampu menyampaikan secara terbuka apa yang sedang dirasakan dan diinginkan kepada pasangan.

Pasangan yang bertemu setiap hari saja terkadang tidak sempat berkomunikasi, apa lagi mereka yang berhubungan jarak jauh. Hal tersebut juga dirasakan oleh Joaa Lee, Miss Korea 2009. Jam kerjanya yang tinggi dan seringnya ia bepergian membuat ia jadi jarang bertemu kekasih dan keluarganya.

Joaa mengaku selalu berusaha menghubungi orangtua dan juga kekasihnya melalui telepon dan juga mengirim pesan bergambar (MMS) kepada mereka. “Yang paling penting memberikan kabar satu sama lain. Walau saya jarang bersama mereka karena pekerjaan yang harus dilakukan, saya selalu menyempatkan diri untuk mengirim foto saya lewat MMS kepada mereka,” tuturnya saat bertemu KompasFemale beberapa waktu lalu.

Sayangnya komunikasi melalui telepon itu dirasakan kurang mampu menjaga hubungannya. Kekasihnya merasa keberatan karena mereka jarang bertemu sehingga hubungan mereka pun kandas.

“Mantan pacar saya kurang menyukai pekerjaan saya  karena intensitas bertemu kami yang sangat sulit dan jarang. Makanya, kami berdua memutuskan untuk berpisah,” tandasnya.  

Sebenarnya cinta terpisahkan jarak tak melulu menimbulkan kegalauan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kemesraan, selain memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi, Anda berdua juga bisa memanfaatkan setiap waktu pertemuan sebaik-baiknya. Bukan hanya sekedar mengobati rindu, tapi juga untuk saling bercerita dan menguatkan komunikasi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com