Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/12/2013, 07:21 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber She Knows

Kompas.com - Rasanya sudah seminggu atau bahkan sebulan Anda berdua tidak ngobrol secara mendalam. Bukan karena tidak pernah bertemu, tetapi tidak tahu bagaimana memulai pembicaraan yang terbuka dan intim.

Simak empat tips agar komunikasi Anda dengan pasangan tak buntu:

1. Saling mendengarkan

Mendengarkan pasangan berarti Anda tak cuma tersenyum atau mengangguk saat ia sedang bicara. Hentikan apa yang sedang Anda kerjakan, buatlah kontak mata dan berikan pasangan perhatian penuh. Anda tak akan bisa berkonsentrasi penuh pada apa yang diucapkan orang lain jika pada saat yang bersamaan Anda sibuk mengecek email atau mengirim pesan.

2. Luangkan waktu

Ada banyak hal yang bisa mendatangkan stres setiap harinya sehingga Anda berdua tak sempat untuk duduk dan ngobrol. Mengapa Anda tak menjadwalkan untuk saling bertemu dan berbicara. Sesekali buatlah janji di kedai kopi favorit. Suasana yang baru terkadang cukup jitu untuk memicu pembicaraan.

3. Ajukan pertanyaan

Komunikasi yang baik berarti komunikasi itu tidak hanya dilakukan satu pihak. Libatkan diri pada perbincangan tersebut dengan mengajukan pertanyaan yang bisa membuat Anda lebih mengerti apa yang ia rasakan atau coba ungkapkan.

Bingung mengajukan pertanyaan apa? Mungkin Anda bisa bertanya mengenai tantangan terbesar yang ia hadapi minggu ini atau hal paling membanggakan yang ia raih tahun ini.

4. Jangan sok tahu

Sangat menyebalkan saat kita berbicara dengan seseorang yang merasa ia tahu segala hal yang akan Anda sampaikan. Komunikasi yang baik berarti mendengarkan dan mengajukan pertanyaan tanpa mendominasi pembicaraan dengan pendapat Anda. Memang tak ada salahnya memberikan saran, tetapi sangat tidak disarankan jika justru Anda lebih banyak berbicara.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber She Knows
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com