Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/12/2013, 15:16 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com - Ketika kita sedang jatuh cinta, tentu yang paling diinginkan adalah menghabiskan hidup bersama kekasih selamanya. Namun sebelum melangkah ke jenjang pernikahan, ada banyak hal yang kita persiapkan. Bukan hanya materi, tetapi terutama mempersiapkan mental.

Salah satu kesalahan banyak pasangan adalah mereka sepenuh hati percaya bahwa apa yang mereka rasakan tak akan pernah berubah selamanya. Menurut Dr.Danielle Harel dan Celeste Hirschman, terapis seks dan perkawinan, banyak hal yang akan berubah seiring dengan usia pernikahan.

Agar keinginan Anda untuk hidup menikah dan bahagia selamanya tercapai, persiapkan diri terhadap hal-hal ini.

1. Orang berubah

Setiap orang sepanjang hidupnya pasti akan berubah. Anda harus memberikan ruang perubahan agar hubungan yang dijalani berjalan sehat. Minat dan hobinya mungkin akan berubah seiring dengan usia dan juga lingkungannya. Jangan pernah memaksa pasangan tetap sama seperti saat Anda menikahinya. Tanpa disadari, Anda pun pasti akan berubah.

2. Waktu tak bisa diputar
Setelah beberapa tahun, hubungan Anda pasti akan berbeda dibanding masa bulan madu. Pada awalnya pernikahan Anda akan penuh dengan keinginan dan hasrat untuk saling belajar. Tetapi kemudian hubungan masuk dalam periode stabil, seks bahkan mungkin tak akan spontan lagi. Berharap hubungan Anda tak berubah hanya akan membuat Anda menderita.

3. Tak selalu berhasil
Dari pada memaksakan diri untuk membuat hubungan yang dijalani berjalan, cobalah jujur untuk mengungkapkan kebutuhan dan perasaan Anda. Selain itu Anda berdua harus memiliki komitmen untuk mengubah kebiasaan buruk dan berupaya membicarakan setiap masalah.

4. Tak semua orang setia
Ini adalah fakta. Sekitar 20 persen pria menikah dan 14 persen wanita menikah mengaku pernah berselingkuh dalam pernikahan mereka. Tentu Anda tak berharap hal itu terjadi dalam pernikahan Anda. Lebih baik bicarakan hal ini dengan pasangan di awal, bila perlu buatlah perjanjian. Kejujuran dan sikap saling menghargai akan membuat Anda terhindar dari sikap tidak setia.

5. Perlu kompromi
Karena setiap orang takut sendirian, ditinggalkan, atau dihakimi, mereka sangat fokus untuk membuat pasangannya bahagia dan hubungan selalu awet. Hal ini juga bisa membuat kita lebih fokus memikirkan orang lain daripada kebahagiaan sendiri. Sikap kompromi satu sama lain akan membuat masing-masing menjadi dirinya sendiri dan menerima perbedaan.

6. Bertengkar dengan sehat
Tak ada yang salah dengan perbedaan pendapat. Tetapi sikap  menyalahkan, mempermalukan, menginterogasi, menilai, dan menuduh adalah hal yang bisa merusak keintiman. Jadi sebelum menikah, bicarakan pada pasangan bagaimana Anda ingin berkomunikasi satu sama lain dalam menghadapi permasalahan atau pertengkaran.

7. Tidak ada manusia yang sempurna
Dalam sebuah hubungan, pasti Anda akan merasakan kekecewaan karena pasangan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Daripada mencoba untuk menghindari rasa kecewa itu, maka buatlah ruang dalam hati Anda untuk menerima dan menghadapinya. Dengan begitu, Anda bisa menerima pasangan apa adanya, dan sebaliknya ia bisa menerima Anda sepenuh hati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com