Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/12/2013, 16:39 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber yoginit
KOMPAS.com — Semua orang mengatakan bahwa kehadiran bayi akan mengubah hidup Anda. Ini memang benar karena bayi bisa menjadi guru terbaik kita. Baik dalam hal kesabaran, menangani masalah, maupun banyak hal lain dalam hidup. Apa sih yang bisa dipelajari dari seorang bayi?

1. Fokus pada pekerjaan saat ini
Kebanyakan orang sering kali tak fokus dengan pekerjaan yang ada di depannya. Coba tengok bayi Anda, ketika mendapat mainan baru, mereka akan sangat fokus dan serius untuk memperhatikannya. Jika menemukan hal-hal lucu, maka ia akan tertawa dengan sepenuh hati. Dia tidak khawatir akan kehilangan sesuatu di depannya karena mereka melakukan apa yang ada saat ini dengan sepenuh hati.

2. Hiduplah dengan penuh keajaiban
Dalam dunia bayi, semua hal adalah keajaiban. Suara hujan, suara binatang, halusnya bulu kucing, dan hal-hal sederhana lainnya yang luput dari perhatian orang dewasa. Dengan hal-hal sepele ini, Anda bisa merasa nyaman dan damai, belajar hal baru yang menarik, serta punya cara pandang yang baru.

3. Toleransi dan kesabaran
Kehamilan, melahirkan, dan merawat anak adalah cara yang sempurna untuk belajar tentang kesabaran. Ibu mengalami morning sickness parah lebih dari lima bulan, menghitung hari kelahiran, mengganti popok, dan segalanya. Namun, kelahiran si kecil menghapus segala rasa sakit dan membayar semua pengorbanan Anda.

Coba bandingkan dengan semua masalah yang Anda hadapi. Jika hamil selama sembilan bulan dan menahan sakit karena melahirkan Anda bisa bersabar dan kuat, maka mengapa mengatasi masalah kecil saja tak bisa sabar? Bahkan, ketika Anda sedang lelah dan mencapai batas, Anda selalu dapat berbuat lebih banyak, lebih kuat dan sabar dari yang dibayangkan.

4. Lebih bebas menjalani hidup
Kebanyakan orang dewasa hidup dalam aturan yang terlalu banyak dan penuh pencitraan. Akibatnya, mereka tidak bisa hidup lepas dan bebas. Sesekali biarkan diri untuk hidup lebih intuitif, bebas, fleksibel, dan positif.

5. Tidak pamrih
Mulailah menyadari bahwa ada kebahagiaan yang bisa didapatkan hanya dengan memberi dan membantu orang lain. Hal ini akan membantu mengisi hati dengan sukacita.

6. Semua hal sudah ada ritmenya sendiri, tak perlu memaksakan kehendak
Kebanyakan orangtua selalu pusing dengan aturan, omongan orang, dan hal-hal kecil lainnya. Tujuannya terutama untuk berkompetisi! Hati-hati, hal ini bisa menjauhkan Anda dari rasa bahagia. Misalnya, kenapa bayi Anda belum merangkak, sedangkan anak teman Anda sudah merangkak. Anak Anda punya tahapan perkembangannya sendiri, lalu kenapa harus membandingkannya dengan anak-anak lain? Nikmati saja setiap ritme perkembangannya dan semua jalan hidup Anda.

7. Cinta sejati tak terbatas dan tanpa syarat
Menjadi seorang ibu adalah peran yang paling sulit hidup. Hal ini juga menjadi peran yang paling berharga, menyenangkan, pengalaman yang luar biasa dimiliki perempuan. Memiliki bayi akan mengajarkan Anda tentang arti cinta.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber yoginit
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com