Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/12/2013, 10:18 WIB

Kompas.com - Vest atau rompi bisa membuat penampilan sedikit berbeda. Kalau awalnya vest hanya dikenakan pria, kini tidak lagi. Sesuaikan model vest dengan bentuk tubuh agar penampilan kian sempurna.

Halter/backless vest
Jenis vest ini memiliki strap dengan bagian punggung terbuka. Beberapa ada yang memakai karet di belakang sehingga bisa disesuaikan dengan ukuran pinggang. Bentuk kerahnya khas melingkar di leher. Halter vest cocok untuk pemilik dada kecil.

Mix and Match: Halter vest bisa dipadukan dengan dalaman apa saja, termasuk t-shirt. Untuk penampilan kasual, padankan dengan rok atau celana jeans.

Fullback vest
Awalnya vest model klasik ini hanya dipakai sebagai pelengkap tuksedo. Seiring dengan perkembangan tren busana, kini vest model ini juga bisa dikenakan wanita. Bentuk vest ini bagian punggungnya tertutup penuh dengan strap yang bisa disesuaikan ukuran pinggang. Full back vest cocok untuk semua bentuk tubuh.

Mix and Match: Untuk penampilan yang berbeda, Anda bisa menambahkan dasi berukuran kecil berwarna cerah atau lilitkan scarf di leher.

High cut vest
Model vest ini memiliki kancing di bagian depan yang tertutup hingga mendekati kerah leher. Cocok untuk pemilik dada besar.

Mix and Match: Bentuknya yang tertutup membuat vest ini berkesan formal, padankan dengan dalaman turtleneck, untuk penampilan yang trendi.

Double-breasted vest
Biasanya vest model ini memiliki 4 atau 6 kancing, dengan salah satu bagiannya menimpa sisi lain. Jenis vest ini cocok untuk semua bentuk tubuh. Bisa digunakan untuk gaya kasual maupun formal.

Mix and Match: Double breasted vest ada juga yang menyerupai halter vest. Namun umumnya bagian depan vest ini lebih tertutup. Gunakan kemeja putih sebagai dalaman dan padukan dengan vest berwarna hitam untuk penampilan formal.

Long vest
Model long vest cocok untuk menyamarkan pinggul besar atau tubuh yang menyerupai buah pir. Tidak seperti vest lain yang umumnya sebatas pinggang, long vest panjangnya melebihi pinggang. Ada yang berkancing depan, ada juga yang bermodel slouchy/longgar.

Mix and Match: Untuk menyamarkan pinggul besar, kenakan long vest dengan lilitan ikat pinggang berukuran sedang atau besar. Cara ini sekaligus untuk menegaskan bentuk pinggang Anda. Padukan long vest dengan long top dan legging untuk penampilan kasual.

Knit vest
Awalnya knit vest berkerah V dan tanpa kancing. Tapi kini knit vest tersedia dalam berbagai model, dari yang panjang hingga model cropped.

Mix and Match: Padankan knit vest bermotif dengan rok A-line plus stocking untuk tampilan preppy look. Selain itu, coba padukan knit vest dengan kemeja berlengan panjang dan celana baggy.

Cropped vest
Potongan cropped vest biasanya di atas garis pinggang. Kelebihan vest model ini bisa membentuk tubuh dan torso terlihat lebih panjang, sehingga cocok untuk si tubuh mungil. Namun vest model ini tidak disarankan untuk pemilik perut buncit.

Mix and Match: Untuk tampilan feminin, padukan dengan mini dress atau tube dress.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com