Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takut Hidup Sendiri, Rela Tak Bahagia Asal Berpasangan

Kompas.com - 19/12/2013, 17:25 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa orang takut sendiri dan kesepian tanpa pasangan. Mereka yang mengalami hal ini biasanya kompromi dengan keadaan serta tidak banyak menuntut akan sebuah hubungan yang sempurna. Lebih jauh lagi, mereka akan pasrah jika terjebak dalam hubungan yang tidak bahagia.

Konsep hidup bahagia selamanya seperti dongeng membentuk pribadi seseorang untuk takut hidup sendiri. Sebuah penelitian di Journal of Personality and Social Psychology mencoba menelaah hal ini. Penelitian ini dilakukan oleh University of Toronto dan dikepalai oleh Stephanie Spielmann.

"Kadang mereka terpaksa ada dalam hubungan yang tidak membahagiakan dan berkencan dengan orang yang tidak menyenangkan. Ketakutan sendiri menjadi pembentuk perilaku seperti ini." ungkap Stephanie.

Peneliti menanyakan banyak hal mengenai ketakutan pada status single pada subyek. Akhirnya ditemukan bahwa mereka yang ketakutan sendiri akan kompromi pada banyak hal.

Mereka tidak akan pemilih untuk mencari pasangan dan puas dengan yang ada. Rasa ini sama pada pria dan wanita serta tidak terpatok umur. Dalam penelitian lain disebutkan 39% dari 152 responden tidak takut sendirian dan 37% takut sampai pada derajat tertentu. Masalah yang paling umum adalah ketakutan tidak mendapatkan hubungan intim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com