Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kacamata Tabir Surya Bisa Meredam Sindrom “Jet Lag”

Kompas.com - 20/12/2013, 09:02 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com – Dampak dari berpergian yang terlalu jauh bisa mengakibatkan jet lag. Mungkin di waktu sekarang, kondisi ini terdengar normal, tapi jika tidak melakukan tindakan preventif bisa mengacaukan momen berlibur yang telah direncanakan jauh-jauh hari.

Untuk mengurangi “penderitaan” jet lag, coba kenakan kacamata tabir surya beberapa jam sebelum Anda berangkat dan pastikan aksesori yang satu ini tetap bertengger di hidung Anda selama penerbangan.

Tubuh mengalami jet lag kerap disebabkan adanya perubahan pada jam biologis Anda atau adanya dorongan alami dari dalam tubuh Anda untuk tidur saat suasana gelap. Karenanya, batasi paparan sinar agar sesampainya di tempat tujuan tubuh dapat beradaptasi dengan lebih mudah, demikian yang dianjurkan Scotland’s Edinburg Sleep Center.

Kemudian cara lain yang turut direkomendasikan adalah meneguk banyak air putih serta meluangkan waktu untuk tidur selama dua jam setelah pesawat mendarat juga akan membantu. Tapi ingat, jangan tidur terlalu lama, dampaknya tubuh Anda akan semakin limbung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com