Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anda "Introvert"? Segera Keluar dari Zona Nyaman

Kompas.com - 20/12/2013, 19:00 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com – Membangun kepercayaan diri membutuhkan proses dan waktu yang lama. Mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan diri sendiri tidaklah mudah. Karenanya, Anda perlu melatih itu semua agar kepercayaan diri Anda timbul.

Misalnya, Anda memiliki kepribadian tertutup, malu menyapa orang terlebih dulu dan tidak terlalu banyak bicara dalam sebuah pertemuan, yang perlu Anda lakukan untuk menimbulkan kepercayaan diri Anda adalah keluar dari zona kenyamanan. Ini berarti, Anda perlu lebih banyak bersosialisasi dan mencoba untuk berinisiatif memulai percakapan ketika Anda berada di sebuah perkumpulan. Hal ini akan membantu dalam membangun kepercayaan diri.

Percaya atau tidak, postur tubuh juga penting menunjukkan kepercayaan diri Anda. Jadi berhentilah membungkukkan bahu Anda, mulailah berjalan tegap dan berinteraksi dengan orang-orang sekitar Anda. Duduk dan berdiri tegak, dengan kepala terangkat tinggi, tidak hanya akan membuat Anda terlihat percaya diri, orang lain juga akan melihat Anda seperti itu, penuh percaya diri.

Selanjutnya, guna membangun kepercayaan diri, Anda harus mulai berpikir lebih positif. Usahakan pula untuk selalu tersenyum saat berselisihan dengan orang lain yang tidak terlalu Anda kenal. Studi menunjukkan dengan menjaga sikap positif, Anda bisa lebih sukses dalam mencapai banyak hal yang Anda inginkan.

Jika semuanya sudah terpenuhi, lanjutkan dengan memperbaiki penampilan fisik agar lebih baik dan representatif. Karena, orang yang penuh percaya diri menunjukkan penampilan fisik yang sehat. Maka, jangan lupa untuk selalu berolahraga agar fisik Anda sehat, sehingga membuat pikiran Anda menjadi tajam dan segar.

Hal lainnya yang dapat membangun kepercayaan diri Anda adalah dengan membantu orang-orang di sekitar Anda. Lakukan pekerjaan secara sukarela tanpa pamrih, ini akan membuat kepribadian Anda menjadi lebih tenang dan orang lain yang melihat Anda jugg turut merasakan aura positif tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com