Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/12/2013, 16:15 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


Kompas.com - Sifat utama para ibu adalah mendahulukan kepentingan anak-anak dan keluarganya daripada kebutuhannya sendiri. Tak terkecuali dalam hal kesehatan. Para ibu selalu berupaya menjaga kesehatan seluruh anggota keluarganya, tapi sering lupa bahwa ia juga wajib bugar dan sehat.

Selain memperhatikan pola makan dan istirahat, sebagai ibu Anda juga wajib melindungi diri dari penyakit-penyakit khas wanita seperti kanker payudara, depresi atau osteoporosis.

Lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala karena penyakit bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Karena itu meski Anda sudah merasa memiliki gaya hidup sehat, agendakan check up kesehatan secara rutin, misalnya saat ulang tahun atau Hari Ibu agar selalu ingat.

Sebelum terlambat, lakukan deteksi dini dengan cek kesehatan rutin. Menurut dr.Jovita Melania Setiawan, Sp.KFR dari RS Mayapada Jakarta, ada beberapa pemeriksaan kesehatan yang wajib dilakukan para wanita.

- Pap Smear
Deteksi dini kanker leher rahim (serviks) dengan rutin melakukan pemeriksaan pap smear. Tes ini bertujuan melihat ada tidaknya sel-sel abnormal pra kanker atau infeksi di leher rahim. Jika dideteksi sedini mungkin, peluang kesembuhan kanker serviks sangat besar. Karena itu lakukan tes pap smear setahun sekali.

- Mamografi
Pada wanita berusia 20-39 tahun, dokter akan menyarankan pemeriksaan payudara melalui ultrasonografi (USG). Lewat pemeriksaan ini akan diketahui ada tidaknya benjolan padat atau kista pada payudara. Sementara itu pemeriksaan mamografi disarankan untuk mereka yang sudah berusia 40 tahun.

- Cek kepadatan tulang
Seiring dengan bertambahnya usia, kepadatan tulang akan mulai menurun. Terlebih jika Anda termasuk orang yang kurang memenuhi kebutuhan tubuh akan kalsium. Wanita yang sudah melahirkan dan menyusui juga lebih rentang mengalami penurunan kepadatan tulang. Karena itu lakukan pemeriksaan ini untuk mencegah terjadinya osteoporosis (kerapuhan tulang) yang dapat membuat tulang rentan patah.

- Kesehatan mental

Kaum wanita lebih rentan mengalami depresi dan kecemasan. Selain faktor hormonal, beban ganda yang ditanggung para ibu juga membuatnya memiliki beban stres lebih besar. Jika Anda merasa sering mengalami rasa murung, sedih, marah, dan menarik diri, segera konsultasikan dengan dokter karena itu bisa jadi merupakan gejala depresi.

Tanda-tanda lain adanya gangguan pada kesehatan jiwa antara lain menurunnya selera makan, pola tidur terganggu, gangguan seksual, hingga psikosomatis (penyakit fisik seperti nyeri lambung, gatal-gatal, yang disebabkan karena stres.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com