Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi-lagi Majalah "Vogue" Mempekerjakan Model di Bawah 16 Tahun

Kompas.com - 22/12/2013, 22:04 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber dailymail

KOMPAS.com — Pada tahun 2012 lalu, Majalah Vogue mengeluarkan aturan tegas untuk tidak mempekerjakan model di bawah 16 tahun. Tujuannya agar generasi muda yang ingin berkarier sebagai model berkonsentrasi terhadap pendidikannya terlebih dahulu.

Sudah bukan berita baru lagi, bahwa sebagai salah satu majalah fashion yang disegani di dunia, Vogue sering kali melanggar aturan yang mereka ciptakan tersebut. Padahal aturan tersebut hasil inisiatif dari pihak Conde Nast, selaku penerbit dari majalah Vogue.

Pada Vogue Meksiko terbitan bulan November 2013 lalu, model bernama Julie Borawska tampil menghiasi beberapa halaman editorial fashion mengenakan busana warna biru, berpose elegan dengan riasan wajah yang kemudian menghasilkan penampilan bak seorang wanita dewasa.

Ketika dikonfirmasi mengenai hal ini, pihak Conde Nast mengatakan bahwa halaman fashion tersebut bukan hasil pemotretan sendiri, melainkan beli jadi dari Kevin Sinclair, sang fotografer yang bertanggung jawab atas keseluruhan produksi. Maka dari itu, mereka tidak mengetahui soal umur sang model.

Seperti tak ingin menelan risiko sendiri, Kevin membela diri seperti yang dikutip dari DailyMail, “Saya sadar betul akan aturan batas usia di Grup Majalah Conde Nast. Saat berkomunikasi dengan perwakilan dari agensi model yang menaungi Julie, mereka tidak pernah menyebutkan bahwa ia masih sangat belia. Melihat foto-foto yang dikirimkan, saya dan tim menyangka bahwa usia Julie 18 tahun, bukan 15,” urainya.

Namun, penjelasan Kevin tersebut disangkal oleh pihak agensi yang mengatakan bahwa Kevin tahu benar usia Julie karena pada biodata yang mereka kirimkan tertera tahun kelahirannya yaitu 1998. Bahkan pada akun media sosial Julie pun menuliskan bahwa dirinya adalah seorang model profesional berusia 15 tahun.

Melanggar aturan sendiri ini telah beberapa kali dilakukan oleh Vogue, setelah Conde Nast melansir kesepakatan bahwa seluruh majalah yang mereka terbitkan, termasuk Vogue tidak akan lagi menggunakan model di bawah 16 tahun. Lucunya dua bulan kemudian, tepatnya bulan Agustus 2012, model Ondria Hardin yang berusia 15 tahun muncul sebagai model di halaman fashion majalah Vogue terbitan China.

Bulan berikutnya, Sarah Kees, model yang juga berusia 15 tahun berpose untuk beberapa halaman fashion majalah Vogue Italia. Lalu, pelanggaran ke empat nyaris terjadi, kala majalah Vogue di Jepang menggunakan model berusia 14 tahun, Thairine Garcia, tetapi karena informasi usianya telanjur merebak, akhirnya Vogue Jepang melakukan pemotretan ulang menggunakan model perempuan berusia di atas 18 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com