Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/12/2013, 11:48 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com - Natal dan tahun baru adalah musim liburan yang terbilang panjang dan banyak dinanti banyak orang, karena setelah sekian tahun sibuk dengan aktivitas, akhirnya tiba untuk berkumpul bersama keluarga dan liburan sembari sekalian merayakan tahun baru bersama.

Namanya juga liburan, tentunya tak jauh-jauh dari banyaknya waktu luang dan hamparan hidangan yang membuat pola makan jadi berantakan. Maka dari itu, agar badan tidak melar usai berlibur, berikut trik mudah yang dapat menjadi solusi terbaik  dari beberapa tantangan selama liburan yang berkaitan dengan diet Anda

Tantangan 1: Sulit “mengerem” makan saat di rumah

Musim liburan seperti ini pasti banyak kiriman makanan, dari kerabat atau sahabat. Selain berlemak, makanan yang tersedia biasanya mengandung banyak gula yang tentu saja merupakan “ancaman” untuk ukuran lingkar pinggang Anda.  

Sebenarnya, tidak dilarang kok untuk menyantap makanan manis, tetapi pastikan jangan sampai berlebihan hingga membuat Anda terlampau kekenyangan. Anda bisa mencoba trik lain, yaitu berbagilah dengan teman atau saudara Anda. Intinya, saat liburan longgarkan sedikit aturan diet namun tetap harus mengendalikan porsi yang Anda santap.

Tantangan 2 : Sajian prasmanan yang menguggah selera di pesta

Salah satu “jebakan” menghadiri pesta adalah meja prasmanan yang menghidangkan berbagai jenis makanan, yang seringkali membangkitkan selera makan. Eits… tunggu dulu jangan langsung tergiur, coba pastikan seberapa lapar kah diri Anda?

Mulailah dengan mencicipi salad atau buah, kemudian nikmati menu utama baru kemudian ditutup dengan pencuci mulut yang tidak berlemak.

Tantangan 3: Terlalu banyak makan

Kebanyakan perempuan jarang  merencanakan apa yang mereka makan, akibatnya  akan berakhir dengan menyantap terlalu banyak kalori atau lemak. Anda pasti tahu kalau makanan di pesta biasanya mengandung banyak kalori, karbo dan lemak dibanding makanan yang biasanya Anda masak di rumah. Maka jangan makan terlalu banyak dan pastikan di rumah, Anda memiliki makanan yang lebih sehat untuk makan malam.

Tantangan 4: Memilih minuman kafein dan manis saat butuh energi tambahan

Sebaiknya, hindari minuman ini saat butuh tambahan energi, karena kandungan kalorinya terbilang cukup tinggi dan berpotensi mengagalkan diet yang telah Anda jalani beberapa bulan belakangan ini.  Ganti krim Anda dengan krim rendah lemak dan kurangi juga kandungan sirup gula di dalamnya.

Tantangan 5: Melupakan kalori makanan

Memang agak sulit ketika Anda memang benar-benar serius ingin menjaga tubuh tetap langsing. Salah satunya adalah dengan menuliskan semua makanan yang sudah Anda santap. Buatlah sebuah jurnal atau buku harian tentang kalori makanan Anda. Ini akan membantu mengontrol makanan Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com