Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Anda Kegemukan? Berdietlah Bersama-sama dengan Si Kecil

Kompas.com - 27/12/2013, 14:36 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber Boldsky

KOMPAS.com — Kelebihan berat badan di usia dini pada anak Anda bisa menjadi permasalahan yang serius. Bobotnya yang tambun dapat menghambat pertumbuhan, selain itu juga bisa menimbulkan rangkaian gangguan kesehatan lainnya.

Memang, anak kecil yang gemuk terlihat begitu menggemaskan dan lucu. Akan tetapi, jika berat badannya yang berlebih membuat daya gerak si anak menjadi terhambat, maka hal itu hanya akan menyusahkan buah hati Anda. Faktor anak gemuk bisa disebabkan karena genetik, kebiasaan makan, atau masalah kesehatan.

Agar anak tidak kebablasan gemuk, dari sekarang coba yuk untuk mengontrol keseimbangan berat badannya. Salah satunya dengan melakukan diet sehat seperti dikutip Boldsky berikut ini:

Berkonsultasi dengan ahli gizi

Meminta nasihat ahli gizi anak merupakan langkah awal yang harus dilakukan sebelum memulai diet sehat untuk si kecil. Kalau Anda sembarang melakukan diet untuk si kecil, maka bisa berdampak juga pada kesehatannya. Oleh karena itu, sebelum menentukan diet yang tepat untuk si kecil, berkonsultasilah dengan ahli gizi.

Mengontrol berat badan

Sebelum memulai penurunan berat badan anak Anda, cobalah untuk tetap menjaga berat anak agar stabil untuk sementara waktu. Setelah berat badan anak stabil selama beberapa minggu, baru Anda bisa memulai metode pola makan dengan diet yang sudah direncanakan.

Memantau menu anak Anda

Bila ingin mengontrol diet anak Anda, maka mulailah mengontrol segala asupan makanan yang dikonsumsinya. Mulailah mengurangi gula-gula yang biasanya digemari anak, tidak harus mengurangi secara drastis, tetapi lakukan secara perlahan. Ganti junk food anak dengan makanan olahan rumah. Jangan lupa sisipkan sayur-mayur yang bergizi tinggi.

Meningkatkan aktivitas fisik

Tidak perlu mengajak atau memaksa anak untuk ke gym atau klub kesehatan. Anda bisa mengajaknya melakukan aktivitas fisik sambil bermain. Biarkan mereka bebas bermain di luar rumah menikmati permainan outdoor. Ini yang akan membantu membakar kalori mereka.

Berikan dukungan emosional

Selagi proses penurunan berat badan si anak, Anda juga harus memberikan dukungan emosional untuk menyemangatinya. Daripada memaksanya, lebih baik tuangkan segenap perhatian dan kasih sayang Anda untuk membuat anak merasa nyaman dan tidak merasa sedang dipaksa untuk berdiet.

Lakukan bersama-sama

Jika ingin diet anak berhasil, maka Anda juga harus melakukan diet itu bersama-sama dengannya. Ini adalah salah satu tips penurunan berat badan yang sehat dan efektif supaya anak-anak menikmati momen berdiet bersama ibunya. Dengan begitu, dia akan merasa semakin semangat karena Anda tahu sendiri bahwa tidak mudah menjalani pantangan-pantangan saat sedang berdiet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com