Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/12/2013, 07:55 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Banyak perempuan merasa ketakutan karena masih sendiri dan tak punya pasangan, khususnya saat musim liburan seperti sekarang. Ketakutan ini disebabkan oleh adanya anggapan bahwa Anda tidak laku, dianggap perawan tua, atau karena takut disinggung keluarga atau kerabat.

Padahal, tak ada yang salah kok dengan status single saat liburan. Sebenarnya ada banyak hal menguntungkan dan menyenangkan dengan menjadi single saat sedang liburan seperti ini.

1. Hanya ada keluarga, tak ada orang asing
Setiap momen Natal dan tahun baru biasanya diisi dengan berkunjung ke rumah sanak saudara. Kecuali sakit, biasanya Anda diwajibkan untuk ikut mengunjungi kerabat. Namun yang menyenangkan, semua anggota keluarga di tempat yang Anda kunjungi ini semuanya Anda kenal. Dengan demikian Anda bisa bercanda lepas dan bercengkrama dengan akrab dengan mereka.

Lain halnya jika Anda punya pasangan (baik pacar atau suami). Anda juga pasti diwajibkan ikut mengunjungi keluarga mereka yang belum tentu bisa akrab dengan mudah.

2. Bisa menyusun rencana sendiri
Menjadi lajang bisa jadi lebih memudahkan Anda untuk melewati atau memilih rencana liburan untuk diri sendiri. Anda bisa lebih bebas menentukan tujuan liburan sesuai keinginan hati, dan tidak perlu berkompromi dengan pasangan yang terkadang berujung pada pertengkaran.

3. Mengurangi budget untuk beli kado
Bukan bermaksud pelit. Tetapi kalau Anda masih single, berarti Anda tak perlu membeli kado-kado tambahan untuk keponakan pacar, kado untuk calon ibu mertua, atau kakak serta adik pasangan.

4. Tak bingung pilih kado
Kalau punya pasangan, masalah yang sering muncul di tengah musim liburan Natal dan akhir tahun adalah bingung pilih kado. Seringkali ada "drama-drama" dan kegalauan yang muncul saat harus memutuskan memberi kado pada pasangan. Mau beli jam tangan tapi harganya mahal, mau kasih kaos tapi dia nggak suka pakai kaos, atau mau kasih sepatu tapi takut nggak sesuai seleranya. Bingung kan?

5. Kemungkinan bertemu calon pasangan baru
Menjadi lajang membuat Anda bisa lebih bebas curi-curi pandang kepada semua orang yang menarik perhatian Anda. Bahkan mungkin saja, orang yang baru dikenal saat liburan ini, justru akan menjadi pasangan sejati Anda.

Kalau tidak jadi pasangan, paling tidak menjalin persahabatan dengan orang baru juga tak kalah menyenangkan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com