Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/12/2013, 15:58 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber Boldsky


KOMPAS.com –
Kesehatan tubuh kita mencerminkan apa yang kita makan. Tak terkecuali dalam hal kesehatan organ reproduksi. Pria yang pola makannya buruk diketahui memiliki jumlah sperma berkualitas rendah lebih banyak. Karena itu jika Anda sedang merencanakan kehamilan, jangan lupa mengingatkan suami untuk memperbanyak asupan sehat.

Sayuran hijau

Kekurangan asam folat pada tubuh pria bisa mengakibatkan jumlah sperma yang dihasilkan rendah atau kualitas sperma yang buruk. Sayuran hijau yang mengandung vitamin C dan E memiliki sejumlah antioksidan yang telah terbukti dapat meningkatkan kualitas sperma. Ajak suami untuk mulai menyukai sayuran seperti bayam, daun pepaya atau brokoli.

Brokoli

Brokoli dapat membantu pria dalam meningkatkan kuantitas sperma dalam air mani. Brokoli adalah salah satu sumber terbaik asam folat dan vitamin B.

Likopen

Dalam tomat, semangka, asparagus dan buah-buahan lain yang berwarna merah terdapat zat yang disebut likopen. Jenis antioksidan yang satu ini terbukti dapat mencegah kanker prostat dan juga meningkatkan kualitas air mani.

Vitamin D

Peneliat menyimpulkan, pria yang mendapatkan banyak vitamin D mampu menghasilkan sperma berkualitas prima lebih banyak sehingga kemungkinannya untuk membuahi sel telur lebih besar.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com