Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/12/2013, 17:33 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber Boldsky

KOMPAS.com – Salah satu ritual dari memiliki bayi perempuan adalah tahapan menindik telinga anak. Sebagai seorang ibu hamil, tentu Anda tidak sabar untuk menata gaya si kecil. Tapi, tunggu dulu, tahan diri Anda untuk mengaitkan anting lucu di daun telinga buah hati. Karena kalau tidak hati-hati bisa menyebabkan infeksi pada kulitnya yang sensitif.

Proses tindik kuping bayi wajib dilakukan oleh dokter atau bidan berpengalaman, jika melakukan sendiri, risikonya sangat tinggi. Disarankan penindikan dilakukan saat usia bayi menginjak enam bulan.

Selain itu, ada pula beberapa hal lain yang perlu diperhatikan oleh orangtua yang ingin menindik telinga bayi cantik mereka, agar tidak menimbulkan infeksi :

- Untuk mencegah terjangkit infeksi, pastikan bayi Anda dalam kondisi sehat.

- Sebelum dokter menindik telinga bayi Anda, pastikan dokter mengusapkan salep penahan rasa sakit dalam dosis ringan. Hal ini akan mengurangi rasa tidak nyaman setelah proses penindikan.

- Segera setelah penindikan dilakukan, Anda harus membersihkan daerah bekas tusukan jarum menggunakan hidrogen peroksida atau alkohol. Meski rasanya seperti gigitan semut yang menggelitik di telinga bayi Anda, tetapi ini akan melindunginya dari infeksi dan iritasi.

- Setelah penindikan dilakukan, Anda perlu membersihkan anting-anting yagn dikenakan bayi Anda setidaknya dua kali dalam sehari selama enam bulan.

- Terakhir, anting-anting harus tetap dikenakan di telinga bayi selama satu tahun. Sebelum mengaitkan anting,  pastikan untuk mengoleskan sedikit minyak kelapa di telinga bayi, agar telinganya terasa lebih nyaman. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com