Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/12/2013, 17:34 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber

KOMPAS.com – Perusahaan seperti juga halnya lingkungan tempat tinggal, memiliki budaya yang dirumuskan oleh para pendiri dan top management perusahaan dan dianut oleh setiap “warga”perusaahan.

Deborah Knox dan Sandra Butzel dari lembaga Life Work Transition merumuskan budaya kerja sebagai konsep umum yang dipakai sebagai konsep umum yang dipakai sebagai panduan untuk bekerja. Salah satunya adalah budaya perusahaan dengan beberapa indikator ini:

Hubungan atasan dan bawahan

Bagaimana sikap atasan terhadap anak buahnya, apakah terbuka, cair dan tidak berjarak? Atau malah tertutup dan menjaga hirarki? Perhatikan juga sikap si bos saat mendapat kritik, apakah dirinya bisa menerima kritik dan masukan dari bawahannya atau malah alergi kritik? Apakah anak buah selalu dilibatkan dalam setiap persoalan dan sebagainya.

Promosi dan pemberian gaji

Bagaimana pola pemberian promosi di perusahaan, apakah bersifat terbuka atau tertutup? Apakah semua orang mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendapatkan promosi? Bagaimana sistem penilaian kinerja karyawan? Seperti apa pula kriteria pemberian gaji di kantor, apakah sudah ada standar yang jelas atau tergantung dari kedekatan pribadi dengan atasan?

Suasana di kantor

Apakah suasananya riang gembira atau “menakutkan”? Apakah penuh intrik atau sangat kekeluargaan? Apakah daya saing di antara sesama karyawan cukup tinggi, atau malah tidak ada kompetisi? Cari tahu juga apakah ada karyawan yang mendapat label anak emas dan si pembuat onar. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com