Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/12/2013, 10:22 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber dailymail

Kompas.com - Mengonsumsi makanan dengan pelan bukan hanya membuat kita bisa menikmati rasa makanan dengan baik, tapi juga membantu mengurangi asupan kalori yang masuk. Dengan demikian berat badan bisa terjaga.

Selebriti yang juga terkenal akan gaya hidup sehatnya, Gwyneth Paltrow, berulang kali dalam setiap wawancara menyebutkan salah satu rahasia langsingnya adalah makan perlahan-lahan.

Sebuah penelitian juga mengungkapkan, makan perlahan dan dalam potongan kecil akan mengurangi rasa lapar satu jam setelah makan dibanding jika kita makan terburu-buru.

Jika kita makan perlahan, biasanya kita juga minum air lebih banyak sehingga perut terasa lebih kenyang meski asupan kalori yang masuk sedikit.

Penelitian yang dilakukan tim dari Texas ini mengekplorasi kaitan antara kecepatan makan dan asupan kalori. Para responden juga ditanya perasaan lapar dan kepuasan mereka sebelum dan setelah mereka mengubah tempo makan.

Selama mereka diminta makan dengan perlahan, para responden juga diminta untuk makan dalam potongan kecil, mengunyah dengan benar, dan meletakkan sendok di piring ketika mereka mengunyah. Sebaliknya, di lain waktu mereka diminta makan terburu-buru dan dalam potongan besar.

Selama makan dnegan perlahan, rata-rata asupan kalori yang dikonsumsi sekitar 88 kalori lebih sedikit dibanding saat makan dengan cepat-cepat.

"Memperlambat kecepatan makan secara signifikan akan mengurangi asupan energi pada orang dalam kelompok berat badan normal, tetapi tidak pada orang yang kegemukan," kata Meena Shah, salah satu peneliti.

Keuntungan lain dari makan secara perlahan adalah mereka tak mudah merasa lapar beberapa jam setelah makan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com