Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Skill" yang Wajib Dimiliki jika Punya Atasan Lebih dari Satu

Kompas.com - 31/12/2013, 13:18 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com — Sekarang ini bukan hal yang aneh dalam organisasi modern bahwa ada karyawan yang memiliki atasan lebih dari satu orang. Terkadang atasan tersebut bersifat informal, tetapi sering juga ada dua garis di atas kita dalam struktur organisasi.

Memiliki dua bos berarti kita harus memiliki kemampuan komunikasi dan manajemen waktu yang baik. Jika dua atasan itu sama-sama memberikan tugas langsung, maka akan selalu ada kompetisi dalam hal meminta waktu dan perhatian Anda. Karena itu, yang perlu dilakukan adalah membuat skala prioritas tugas.

Sebagai individu, ada dua cara yang bisa kita lakukan dalam menghadapi dua bos. Pertama adalah menunggu sampai orang lain (si bos) membuat target dan tujuan yang jelas, serta skala prioritasnya.

Namun, sebagai bawahan dengan dua bos, kemungkinannya Anda adalah satu-satunya orang yang memiliki pemahaman lebih mengenai tugas dan prioritas. Tiap-tiap bos mungkin hanya melihat tugas secara setengah-setengah dan cenderung punya motivasi rendah untuk menyelesaikannya.

Karena itu, sebaiknya Anda melakukan cara kedua, yakni mengambil sikap sendiri untuk mengambil kendali dalam menentukan tujuan dan target. Jika target yang ditetapkan si bos tidak jelas, mengapa tidak membuatnya sendiri.

Tentukan hal yang bisa Anda lakukan dan cobalah untuk belajar lebih nyaman pada area yang tidak jelas. Area tugas yang tidak jelas ini bukan hanya karena faktor memiliki bos lebih dari satu tetapi karena kompleksitas bisnis di era sekarang.

Shalini Anant, seorang konsultan karier, menyarankan agar Anda melakukan setiap komunikasi secara tertulis dan membuat salinan ke tiap-tiap atasan. Hal ini bertujuan untuk mencegah konflik di masa depan, distorsi informasi, serta membuat setiap orang memiliki informasi terbaru.

Anda juga perlu menyampaikan kepada salah satu atasan jika ia memberikan tugas baru, padahal tugas yang sekarang dikerjakan sudah "overload".

Sementara itu, jika terjadi konflik yang sulit Anda hadapi, maka jangan segan untuk meminta saran kepada atasan dua level di atas Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com