Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Wanita dalam “Zona Menstruasi”, Pria Harap Jaga Sikap!

Kompas.com - 02/01/2014, 07:50 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com – Siapa yang berani mengganggu wanita yang tengah menstruasi? Hormon yang sedang fluktuatif menyebabkan wanita jadi cepat jengkel, bicara lebih ketus dan ekspresi muka yang “menyeramkan” alias galak!

Bukan hanya kaum pria, ternyata wanita pun juga tidak mengerti mengapa saat sedang menstruasi, emosi mereka seolah tak terkendali, ada yang mendadak selalu ingin bersedih dan ada pula yang tiba-tiba menjadi judes tanpa sebab. 

Seperti dikutip dari Huffington Post, ternyata selama bertahun-tahun para ilmuwan telah berusaha mencari kaitan antara mood wanita dengan waktu biologis tubuh menjelang menstruasi, tetapi mereka tidak pernah benar-benar menemukan bukti konkrit yang mampu menjelaskan mengapa emosi wanita tidak stabil dan sulit diprediksi ketika sedang PMS?

Satu-satunya temuan yang lebih kurang bisa menjelaskan penyebab sindrom wanita ini adalah kram perut! Seperti yang diungkap oleh Mood Disorders Association of Ontario, saat menstruasi 70 pesen wanita merasakan nyeri dan kram di area perut, yang menyebabkan wanita cepat lelah dan mengantuk. Nah, salah satu cara untuk meredakan rasa sakit ini adalah tidur atau beristirahat hingga rasa sakit hilang. Namun, tidak semua wanita memiliki “kemewahan” tersebut, karena tanggung jawab pada pekerjaan dan peran sebagai seorang ibu yang menuntut wanita untuk terus beraktivitas, dalam keadaan menstruasi atau tidak.   

Seperti yang dilansir oleh AskMen, saat wanita sedang mengalami PMS, sebaiknya pria mengikuti saja arus emosinya yang berjalan tanpa sinyal tersebut. Karena apa pun bisa terjadi, seperti misalnya wanita jadi mudah menangis, tidak percaya diri, makan lebih banyak, atau yang paling lazim yaitu cepat marah dan ketus saat bicara. Tunjukkan pada wanita bahwa Anda adalah pria sejati yang memahami rasa sakitnya dengan kata-kata manis seperti “Hallo sayang, aku punya cokelat untuk kamu.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com