Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/01/2014, 11:05 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com – Hal paling menyebalkan mengenai liburan adalah saat liburan itu harus berakhir. Rasanya masih ingin bermalas-malasan di rumah sembari menonton televisi sepanjang hari, atau berjemur di tepi pantai menikmati desir ombak yang menenangkan. Tetapi apa daya, tumpukan kertas kerja dan barisan surel yang menanti untuk dibaca, telah memasuki tenggat waktu darurat!

Sindrom berat hati kembali bekerja setelah liburan panjang jika tidak segera ditanggulangi bisa berkelanjutan. Maka dari itu, yuk simak cara memompa semangat kerja walau pikiran masih terikat pada destinasi liburan Anda kemarin ini.

Buat rencana

Meninggalkan berbagai kesenangan saat liburan memang sangat berat. Namun, sisi baiknya, Anda masih bisa bertemu dengan teman-teman di kantor dan juga kembali bersenang-senang bersama mereka, berbagi pengalaman menarik selama liburan.

Untuk mengatasi malas kerja ini disarankan untuk merencanakan hal-hal menyenangkan bersama teman kantor, misalkan kegiatan kumpul sembari mimican (minum-minum cantik) usai kerja, jalan-jalan ke mal untuk cuci mata, atau makan siang di luar kantor. Dengan begitu secara perlahan nuansa rutinitas yang sempat terlupakan, secara perlahan kembali hadir dengan cara yang lebih bijak.

Buat pilihan yang sehat

Selama liburan kebanyakan hanya dihabiskan untuk bersenang-senang, makan makanan enak dan berlemak, nonton televisi dan tidur. Nah, kehadiran produktivitas kerja kembali tanpa waktu yang terlalu lama, cobalah untuk menggerakan tubuh Anda dengan berolahraga dan makan makanan sehat.

Tetap berhubungan dengan keluarga dan sahabat

Setelah semua keriaan yang dialami saat liburan bersama keluarga, Anda kembali harus tenggelam dengan pekerjaan dan teman-teman kantor. Hmm... sebenarnya kembali bekerja bukanlah berarti Anda harus putus komunikasi dengan mereka. Tetap menjaga komunikasi dengan keluarga dan sahabat setidaknya  akan membantu Anda untuk bisa "bertahan" di pekerjaan.

Selain itu, selama seminggu ke depan lakukanlah aktvitas yang Anda sukai untuk menjaga pikiran Anda tetap aktif. Misalnya dengan melakukan hobi Anda, entah memasak, berenang, membersihkan rumah, karaoke bersama teman. Sebab, menjaga tubuh tetap aktif adalah kunci untuk membuat Anda merasa hidup dan semangat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com