Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Memilih Bra yang Nyaman untuk Dikenakan Sepanjang Hari

Kompas.com - 03/01/2014, 11:02 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber WomansDay

KOMPAS.com – Meskipun tidak terlihat dari luar, namun fungsi sepasang bra sangatlah penting terhadap keseluruhan penampilan perempuan. Tentunya, Anda tak ingin dong kejadian puting tampak menonjol, hanya karena bahan bra pilihan Anda terlalu tipis. Maka dari itu, jangan remehkan uraian berikut ini.

Jene Luciani, penulis buku The Bra Book, menuliskan bahwa selain mengganggu penampilan, ukuran bra yang tidak tepat juga akan menyebabkan nyeri punggung, iritasi kulit dan tentu saja tidak nyaman.

Untuk menemukan ukuran bra yang tepat, Luciani memaparkan beberapa panduan sederhana sebelum membeli bra:

1. Ukur payudara sebelum membeli
Ukuran payudara bisa berubah dari tahun ke tahun, jadi pastikan Anda selalu up to date dengan perubahan ukuran “aset” berharga Anda tersebut. Perubahan berat badan dan hormonal yang fluktuatif (kehamilan, menyusui, menopause) bisa memengaruhi ukuran payudara Anda. 

Gunakan tali pengukur kain (yang biasa digunakan oleh para penjahit) untuk mengukur payudara. Ukur di dua bagian, yaitu di bawah payudara tepatnya di sekitar tulang rusuk, untuk menentukan lingkar bra. Lalu, yang ke dua di bagian tengah payudara untuk mengetahui ukuran cup Anda, seperti misalnya 32 C atau 34 B. 

2. Gunakan kaus saat membeli bra
Dengan cara ini, akan memudahkan Anda untuk menyesuaikan ukuran bra di tubuh, tanpa perlu repot melepas kancing baju. Selain itu, cara ini bisa menjadi  alternatif untuk melihat seperti apa jadinya tampilan payudara di balik bra busana berbahan tipis.

3. Kenyamanan adalah prioritas!
Ketika membeli bra kuncinya terletak pada beberapa hal yaitu ukuran cup dan juga tali. Hindari memilih bra dengan cup yang terlalu kecil sehingga payudara tidak tertutup sempurna, atau justru cup bra yang kelonggaran karena terlalu besar. 

Sedangkan untuk tali, sebaiknya pilih yang bisa diatur panjang pendeknya. Namun pastikan bra Anda memiliki pengait yang kuat dan kencang, supaya payudara tidak mengendur. Selain itu, pastikan bahwa kulit payudara di bagian bawah bra tidak membentuk lipatan yang “mengintip” keluar. Jika iya, ini berarti bra Anda terlalu kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WomansDay
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com