Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Telinga Bayi yang Tepat dan Aman

Kompas.com - 06/01/2014, 17:29 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber Boldsky

KOMPAS.com – Jangan meremehkan merawat telinga anak secara rutin, tujuannya supaya tidak terganggu pendengarannya, apalagi sampai kotoran di telinga anak menumpuk.

Sebagai orangtua teladan, sebaiknya buatlah jadwal untuk membersihkan telinga anak secara periodik. Sebab kalau tidak, bisa-bisa antaran bunyi pada telinga si kecil bisa terganggu. Selain itu, jika tidak telaten, nanti kotoran akan mengeras dan makin susah dikeluarkan.

Lalu bagaimana cara agar telinga anak terjaga kebersihannya dan jernih pendengarannya?  Simak tip berikut ini.

Bersihkan saat sedang mandi

Mandi adalah waktu terbaik untuk membersihkan telinga bayi Anda. Karena pada kondisi basah, sangat memudahkan proses membersihkan telinga. Gunakan kain yang lembab untuk membersihkan bagian luar telinga. Setelah itu, bersihkan bagian dalam lipatan telinga dengan lembut sampai kering.

Gunakan kain hangat

Gunakan kain yang telah direndam dengan air hangat untuk membersihkan telinga si kecil. Jika ritual ini secara teratur, cara ini dapat menghilangkan sel-sel kulit mati di sekitar telinga anak dan tentunya menjaga kebersihan telinganya

Jangan menggunakan kapas

Jangan masukkan kapas pembersih telinga (cotton bud)  ke dalam telinga bayi, tapi cukup gunakan ujung kapas untuk membersihkan telinga bagian luarnya. Karena jika memasukkan seluruh kapas pembersih telinga  ke dalam telinga, risikonya kapan bisa tertinggal di dalam telinga, akhirnya dapat merusak gendang telinga yang akan berakibat terjadi komplikasi lebih lanjut.

Tetes telinga

Apabila ada beberapa kotoran di telinga bayi Anda yang tidak dapat dibersihkan, coba gunakan tetes telinga. Namun, sebelum menggunakannya lebih baik konsultasikan pada dokter terlebih dahulu.

Jangan bereksperimen dengan racikan obat sendiri  

Ada beberapa orangtua yang sering mempercayakan ramuan turun temurun dalam keluarga untuk mengobati anak mereka, tetapi ketika sang buah hati masih bayi, sebaiknya jangan melakukan aksi coba-coba, sebelum mengetahui efek sampingnya terlebih dulu. Dalam perawatan bayi, sebaiknya jalani apa yang disarankan oleh dokter, karena terbilang aman dan telah terbukti khasiatnya.

Jangan bersihkan bila sudah kering

Jangan mencoba untuk membersihkan telinga bayi bila sudah kering. Hal ini akan menyebabkan iritasi kulit dan goresan.

Hati-hati

Bayi mungkin akan merasa tidak nyaman saat Anda membersihkan telinganya. Jadi, jika bayi mulai bertingkah,  Anda harus lebih berhati-hati dan ekstra sabar dalam menghadapinya. Kalau tetap dipaksakan bisa menyebabkan beberapa cedera serius.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com