Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/01/2014, 13:40 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com – Bagi Anda yang bekerja di perusahaan kreatif yang dinamis, mengenakan jins ke kantor adalah hal yang biasa. Meskipun begitu, bukan berarti saat bekerja, bebas memakai jins robek-robek yang terlihat seperti berandalan. Tetap, ada aturannya, berikut beberapa kiat menyiasati agar denim atau jins tampak beradab di suasana formil. 

 

Berikut lima tips mengenakan jins agar terlihat di lingkungan kerja:

Pilih warna jins gelap

Warna jins yang gelap mencerminkan nuansa resmi tapi santai, pilihan yang tepat untuk dikenakan ke kantor. Meski terlihat santai tapi tidak mengesankan tampilan yang lusuh dan berantakan. Selain hitam, warna biru gelap juga bisa merefleksikan impresi profesional. Agar lebih menawan, kenakan jins super-skinny yang mencetak kaki dengan atasan kemeja longgar atau blazer.

Padukan dengan sepatu hak yang tepat

Cara paling mudah untuk mentransformasikan tampilan kasual supaya terlihat lebih profesional adalah dengan memadukannya dengan sepatu hak yang sempurna. Anda bisa memakai sepatu ankle boot atau sleek boot dengan pilihan hak yang tidak terlalu tinggi. Tapi Anda juga bisa memakai classic pump dengan pilihan warna nude atau hitam.

Kenakan dengan blazer

Blazer adalah salah satu busana formal andalan profesional muda seperti Anda. Memadukannya dengan celana jins dan blazer akan membuat tampilan Anda terlihat lebih menarik dan rapi. Blazer warna cream, merah terang atau koral akan membuat keseluruhan penampilan terlihat lebih hangat.

WHO WHAT WEAR Supermodel Alessandra Ambrosio memadukan kemeja denim terang dengan celana jins dengan warna gelap; Rosie Huntington - Whitely memilih

Tampil rapi dengan blus

Jika sedang tidak ingin memakai blazer, Anda bisa mengenakan blus yang dimasukkan ke dalam celana jins. Tampilan ini akan membuat Anda terlihat lebih rapi namun tetapfeminin, apalagi jika dilengkapi dengan sepatu pumps tinggi.

Atasan yang berkilau

Siapa bilang hiasan berkilau pada busana hanya bisa dikenakan saat acara pesta saja? Anda bisa kok mengenakan atasan dengan detil berkilau yang dipadukan bersama celana jins. Paduan seperti itu dapat membuat penampilan Anda terlihat kasual tapi mewah, misalnya seperti blus bordir dengan payet, aksen metalik dan jaket dengan kilauan yang tidak terlalu menyala.


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com