Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/01/2014, 14:29 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


KOMPAS.com — Terlalu banyak stres bukan satu-satunya penyebab mengapa mood Anda untuk bercinta belakangan ini seolah padam. Sifat dan kepribadian seseorang ternyata ikut berpengaruh pada gairah seksual.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Sexual Medicine disebutkan, wanita yang tergolong extraversion (ceria, enerjik, dan outgoing) dan juga terbuka pada pengalaman baru biasanya memiliki gairah seksual dan fungsi seksual lebih baik dibanding mereka yang punya sifat tertutup.

Penelitian ini dilakukan terhadap 50 wanita yang diwawancara mengenai kehidupan seksual mereka, sifat dan kepribadian, serta cara mereka menghadapi gangguan pada fungsi seksual.

Meski begitu, bukan berarti wanita yang introvert otomatis gairah seksnya melempem. Namun, ada baiknya Anda aktif mencari bantuan profesional jika Anda merasa gairah seks Anda sulit dibangkitkan.

Kita memang tak bisa mengubah kepribadian, tetapi bukan berarti kehidupan seks kita harus dikorbankan. Mereka yang melakukan tindakan untuk mencari bantuan, baik itu berkonsultasi pada dokter maupun berbicara dengan teman jika mengalami gangguan fungsi seksual, diketahui lebih puas dengan kehidupan seksual mereka.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com