Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2014, 14:58 WIB

Kompas.com — Bra adalah salah satu pakaian wanita yang sangat penting karena melindungi bagian tubuh yang penting pula. Pilih bra yang tepat untuk kenyamanan dan kesehatan.

Sebuah survei menyodorkan fakta: tujuh dari sepuluh wanita salah memakai ukuran bra. Padahal memilih bra yang sesuai sangat penting karena bra berfungsi untuk kenyamanan dan kesehatan. Yuk, ikuti panduannya berikut ini:

Payudara besar dan bulat

Bra yang disarankan untuk pemilik payudara besar dan bulat adalah bra yang berkawat dan bertali besar. Pilih bra full cup yang menutupi seluruh bagian payudara, tapi tidak berkesan penuh. Pastikan pengait tidak mudah kendur, serta ukuran cup sesuai. Kenyamanan adalah kunci nomor satu. Sebaiknya mencoba sebelum membelinya.

Pemilik payudara besar sebaiknya menghindari bra yang memiliki padding/busa, begitu pula bra dengan mangkuk yang berbentuk mancung karena akan membuat payudara terlihat lebih besar lagi.

Bila bermaksud memakai stapless bra, yakni bra tanpa tali yang biasa digunakan saat memakai baju model kemben, pastikan ukurannya pas menutupi seluruh payudara. Untuk keperluan olahraga, gunakan sport bra yang bisa menahan gerakan payudara.

Payudara sedang, bulat, dan padat

Pemilik payudara sedang, bulat, dan padat disarankan menggunakan bra yang berkawat sehingga tidak mudah kendur. Secara umum pemilik payudara ukuran sedang tidak kesulitan memilih bra. Jika menginginkan payudara terlihat lebih besar, gunakan push up bra, atau bra yang ber-padding/busa.

Tapi kalau ingin payudara terlihat lebih kecil, hindari cup berbahan tebal, pilih full cup yang menutup seluruh payudara. Bra dengan cup 3/4 juga disarankan untuk payudara bentuk ini karena akan mendorong payudara dari samping ke tengah sehingga terlihat lebih indah.

Payudara panjang dan oval

Bra paling sesuai untuk pemilik payudara ini adalah yang berkawat dengan model cup 1/2 atau 3/4. Kenakan cup ber-padding untuk menyangga payudara.

Payudara berukuran mungil

Disarankan memakai bra model cup 1/2 agar payudara terlihat lebih berisi. Kenakan cup berbusa dengan model agak mancung. Untuk keperluan tertentu, seperti pesta, Anda bisa menambah padding dari silikon yang banyak dijual untuk menyangga payudara sehingga terlihat lebih indah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com