Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Hujan yang Membuat Anda Malas Kerja di Hari Senin

Kompas.com - 13/01/2014, 12:24 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Senin pagi, hujan, udara yang dingin melemahkan stamina, sungguh melankolis, rasanya ingin meringkuk dibawah selimut sepanjang hari. Membayangkan betapa macetnya perjalanan  serta tumpukan pekerjaan yang harus diselesaikan sesegera mungkin, duh… malasnya!

Namun ternyata bukan hanya bayangan akan kemacetan, tumpukan pekerjaan, sampai cuaca yang tak mendukung yang membuat Anda jadi malas bekerja. Menurut Amy JC Cuddy, Psikolog sosial sekaligus Assisten Profesor dari Harvard Business School mengungkapkan bahwa, hal ini mungkin saja disebabkan oleh posisi tidur Anda yang salah!

"Posisi tidur seseorang dapat memengaruhi semangat beraktivitas di pagi hari. Jika Anda terbangun dalam posisi tidur fetal (janin) maka Anda bangun dalam posisi yang salah," ungkap Amy.

Posisi tidur janin adalah posisi tidur seperti bayi, di mana tubuh melingkar dengan cara menutupi dada dengan tangan dan kaki yang ditekuk ke depan. Mungkin posisi ini memang terasa sangat nyaman dan memberi Anda kehangatan, namun sebenarnya bisa memengaruhi stamina Anda dalam beraktivitas.

Amy mengungkapkan bahwa posisi tidur yang dilakukan secara tak sadar ini ternyata dipengaruhi oleh cara pandang Anda terhadap diri sendiri. Posisi ini kemungkinan besar menggambarkan bahwa Anda adalah orang yang tertutup, tidak berani mengambil risiko, sensitif dan emosional.

"Pada dasarnya, tubuh mengubah cara berpikir kita, pikiran mengubah perilaku dan perilaku akan mengubah hasil kerja kita," tambahnya.

Jika Anda terbiasa tidur dengan posisi seperti tersebut di atas, jangan khawatir, maka Anda tidak sendirian, karena 40 persen orang tertidur dengan posisi fetal. Ternyata, posisi tidur ini lebih banyak dilakukan oleh perempuan daripada laki-laki.

Amy memberikan tip untuk memompa semangat di pagi hari, setelah berjam-jam terlelap dengan posisi tidur fetal, disarankan untuk berolahraga ringan, seperti misalnya menggerakan lengan dan siku, lalu angkat dagu selama dua menit di pagi hari. Hal ini diklaim mampu meningkatkan kemampuan berpikir abstrak dan juga meningkatkan keberanian serta kepercayaan diri Anda.

Terakhir, cobalah usupaya jangan terlalu sering tertidur dengan posisi yang sama, Amy menyarankan untuk tertidur dengan  posisi tangan dan kaki terentang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com