Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudahkah Anda Memeluk Orang yang Anda Sayangi Hari Ini?

Kompas.com - 15/01/2014, 07:47 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber Babble

KOMPAS.com — Berpelukan dengan seseorang orang yang kita sayangi ternyata efektif dalam mengurangi tekanan dan beban hidup yang tidak pernah berhenti mendera setiap harinya.

Dibandingkan bercinta dan berciuman, seperti dikutip dari Babble, ternyata berpelukan lebih ampuh dalam menyampaikan kasih sayang. Sehingga, tak heran jika ingin mengetahui apakah hubungan Anda bahagia atau tidak, cobalah cari tahu dengan berpelukan. Sebab, pelukan adalah hubungan fisik paling personal yang menghubungkan fisik, emosi, dan spritual antarpasangan, sekaligus memaparkan rasa sayang dan peduli tanpa perlu banyak kata-kata.

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa berpelukan dengan orang yang kita sayangi dapat melepaskan berbagai hormon kebahagiaan, seperti serotonin, oksitonin, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Jadi, selain dapat menguatkan cinta, pelukan juga menyehatkan, sungguh luar biasa!

Pasangan yang sering berpelukan, terutama di pagi hari sebelum memulai aktivitas, umumnya memiliki jalinan komunikasi lebih baik dibandingkan yang jarang berpelukan. Selain itu, pelukan diklaim dalam sejumlah temuan medis dapat meredakan stres dan amarah dalam diri seseorang.  

Coba ingat-ingat kembali, saat bertengkar dengan pasangan, kemudian si dia mendekap Anda dengan segenap permohonan maaf dan cintanya, mungkinkah Anda tetap bertahan marah? Sebab, sebenarnya rasa nyaman yang Anda rasakan saat berpelukan memiliki potensi untuk memecahkan emosi menjadi sebuah senyuman.

Seperti yang pernah dilansir oleh Patient.co.in, memeluk seseorang yang Anda cinta itu tidak sekadar momen interaksi fisik, tetapi lebih pada pembuktian rasa kasih tanpa batas terhadap belahan jiwa Anda, dengan saling berbagi rasa nyaman. Sebab, pelukan merangsang rasa empati dan kemampuan untuk memahami yang lebih mendalam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com