Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/01/2014, 16:12 WIB

KOMPAS.com — Meski hati hancur berkeping-keping, ingat bahwa hidup tak akan berakhir meski Anda dikhianati. Lakukan beberapa tips berikut saat pasangan mendua.

1. Istirahat sebentar dari rutinitas sambil menenangkan diri. Pada saat yang sama, pikirkan dengan matang langkah apa yang akan dilakukan. "Tak perlu berpura-pura semuanya baik-baik saja. Semua orang tahu, cinta yang dikhianati pasti akan menimbulkan luka. Menyembunyikan perasaan justru akan membuat luka semakin perih," kata Jovita Maria Ferliana, MPsi, psikolog dari RS Royal Tarumanegara, Jakarta Barat.

2. Luapkan saja kesedihan Anda dengan menangis atau curhat dengan teman. Langkah ini akan sangat membantu. "Tapi jangan sampai 'masa berduka' berlangsung hingga berlarut-larut. Seminggu adalah waktu yang bisa ditoleransi," tambahnya.

3. Tak perlu bertanya dan memaksa pasangan menceritakan detail perselingkuhannya. "Sebab, hal itu akan membuat Anda terus teringat dan sulit memperbaiki kembali hubungan. Kecuali jika Anda memang berniat mengakhiri hubungan, maka dengan mengetahui detail ceritanya akan membantu Anda lebih cepat melupakannya," saran Jovita. Tentu harus tetap berhati-hati dengan semua informasi yang ingin Anda dengar.

4. Jangan pernah berpikir Anda ingin membalas kelakuan pasangan dengan berselingkuh atau menggoda pria lain. "Pasalnya, balas dendam tak akan menyelesaikan masalah. Di satu sisi Anda senang, tapi sifatnya hanya sementara. Setelahnya, Anda akan merasa lebih buruk hingga hubungan pun jadi makin rumit."

5. Setelah curhat dan menangis dengan teman, ajak mereka pergi, traveling, main games, makan bersama, fitnes, atau nonton film komedi. "Lakukan apa pun yang bisa mengalihkan perhatian. Bukan bermaksud lari dari kenyataan, tapi hidup ini tidak akan berakhir hanya karena dikhianati," kata Jovita.

6. Anda ingin kembali lagi dengan pasangan? Jovita menekankan untuk membuat perjanjian terlebih dahulu untuk memastikan ia tak lagi berhubungan dengan selingkuhannya. "Minta pasangan melakukan apa saja yang bisa mengembalikan kepercayaan Anda kepadanya. Hanya dengan begitu, asmara Anda masih mungkin dipertahankan. Jika dia menolak, just say goodbye," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com