Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2014, 16:08 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber Parenting

Kompas.com — Bonding atau ikatan yang kuat antara ibu dan bayi bisa menimbulkan kehangatan, kasih sayang, rasa bahagia, rasa aman, serta saling mencintai. Jika bonding tersebut terus terjaga, maka bayi akan merasa aman, dicintai, dan terlindungi.

Bonding tentu saja harus dilakukan sejak awal, bahkan sebelum si bayi lahir. Ketahui 5 cara efektif menciptakan ikatan yang kuat antara ibu dan buah hati.

1. Perhatikan perut Anda
Saat mengetahui diri Anda hamil, semua yang Anda lakukan, pola makan, tingkat stres, dan kesehatan, akan berpengauh pada si calon bayi. Karena itu kehamilan merupakan masa yang paling tepat untuk membangun hubungan yang kuat. Perhatikan dengan baik tendangan dan gerakan si bayi dan ajaklah ia bicara.

2. Menyusui
Menyusui bukan hanya kegiatan paling ideal untuk melakukan sentuhan kulit, tetapi juga membuat Anda bisa berlatih mengetahui keinginannya. Perhatikan ekspresi wajah dan bahasa tubuhnya. Dengan memberikan perhatian dan kasih sayang, bayi akan belajar untuk percaya dan nyaman bersama Anda.

Jika Anda tak bisa menyusui, maka lakukan lebih banyak kontak fisik dan ajak ia bicara saat memberikan susu kepadanya.

3. Beri perhatian besar
Dengan memperhatikan ekspresi wajah dan reaksinya, Anda akan menjadi ahli dalam mengetahui apa yang ia sukai dan tidak. Apakah lagu yang ia dengar membuatnya nyaman, atau ia tak suka berada di tempat terang. Ajari ia juga mengenai apa yang Anda sukai dan tidak.

4. Jadi sahabatnya
Luangkan waktu sebanyak mungkin dengannya. Jadilah sahabat terbaiknya, dengan melakukan lebih banyak kontak kulit dan kontak mata. Berikan ia ASI ketika lapar dan tenangkan ia saat menangis, bahkan jika Anda tak mengerti keinginannya. Sikap Anda yang selalu responsif akan membuat Anda menjadi orang yang paling ia percaya.

5. Tidur di dekatnya
Untuk membentuk bonding, tidurlah di dekatnya. Meski dalam ranjang yang terpisah, tidur satu kamar akan membuat bayi tetap dekat dan merasa aman.

6. Memijatnya
Pijat bayi merupakan cara yang sudah dilakukan sejak zaman lampau untuk menguatkan ikatan antara ibu dan bayi. Sentuhan lembut saat memijatnya juga akan membuat otot-ototnya rileks, melancarkan sirkulasi, dan mengurangi stres. Bayi yang sering dipijat juga tidur lebih nyenyak.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com