Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Mengurangi Rasa Sakit Saat Bayi Tumbuh Gigi

Kompas.com - 23/01/2014, 18:14 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber Boldsky

KOMPAS.com – Munculnya gigi geligi merupakan bagian dari milestone pertumbuhan bayi. Sebagian bayi dapat melewati tahapan ini tanpa banyak masalah, tetapi kebanyakan bayi menjadi rewel, malas minum susu, bahkan demam, saat pertama tumbuh gigi.

Untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat tumbuh gigi, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut.

Mengemut

Mengemut jari Anda bisa mengurangi rasa tidak nyaman pada gusinya. Pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih, dan berikan pijatan lembut pada gusinya untuk meringankan rasa sakitnya.

Kain basah yang dingin

Kain basah  dingin yang dikunyah-kunyahnya juga efektif mengurangi rasa tidak nyaman. Rasa dingin pada kain akan membuat daerah gigi yang sakit menjadi lebih baik. Sebaiknya kain dibasahi dengan air matang.

Makanan dingin

Berikan bayi makanan yang bisa digenggamnya (finger food) yang sudah didinginkan, namun bukan makanan beku. Makanan ini bisa meredakan rasa gatal pada giginya.

Mainan

Mainan yang memang diperuntukkan untuk dikunyah (teether) saat ini mudah ditemui. Pilihlah mainan lunak yang berkualitas baik, lembut dan bisa dicuci. Biarkan si kecil memainkan teether sepuasnya.

Obat sakit gigi untuk anak

Ini merupakan pilihan terakhir untuk mengatasi rasa sakit pada pertumbuhan gigi anak. Konsultasikan pada dokter untuk memilih obat yang paling aman.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com